Musda IKADI Depok. Kyai Idris Berikan Kiat Sukses Jadi Dai Profesional

Beji, Depokterkini.com

Wali Kota Depok, Mohammad Idris memberikan kiat sukses menjadi dai profesional untuk Pengurus Daerah (PD) Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Kota Depok.

Menurut Kyai Idris, sapaannya, sedikitnya tiga hal yang harus dipenuhi seorang dai yang tergabung dalam Ikadi.

Pertama, mengenai kejelasan visi misi dari Ikadi, lanjut Kyai Idris, setiap anggota Ikadi harus mengetahui visi dan misi organisasi mereka.

“Jadi anggota Ikadi yang sudah masuk itu harus tahu visi misi, Ikadi Kota Depok mempunyai visi, jangkauan dan lompatan yang bisa ke arah regional, karena Ikadi pusat sudah go internasional di Eropa, Amerika dan Australia,” tutur Kyai Idris saat acara Musyawarah Daerah (Musda) Ikadi Depok 2022 di Ruang Balairung Dwidjosoewojo Hotel Bumi Wiyata, Sabtu (31/12/2022).

Kedua, ujar Kyai Idris, dakwah ini sustainable atau berkelanjutan, maka dalam dakwah lakukan dengan memerankan orang yang memiliki kemampuan dalam bidangnya serta menyisipkan syiar-syiar keislaman di setiap bidang kehidupan.

“Untuk itu, kita (dai) harus mengatur nafas dalam berdakwah, seperti kita maraton, awalnya kencang (lari), ke sananya kendor, kalah nanti tapi kita harus bisa atur nafas,” tutur Kyai Idris.

Arahan ketiga atau terakhir, ungkap Kyai Idris, setiap dai dapat menerapkan sistem dakwah terpadu, maksudnya dakwah ini tidak hanya sosialisasi Islam.

“Kalau sosialiasi Islam jika terhenti apalagi single fighter, tiba-tiba figurnya tidak ada, jadi dakwahnya tidak diteruskan lagi,” ujarnya.

Oleh sebab itu, dirinya berharap, semua anggota Ikadi Kota Depok dapat merealisasikan nilai-nilai yang telah disampaikan ini dalam dakwah yang mereka sebarkan.

“Dimanapun posisi dai, dia adalah berdakwah, posisi dai sebagai pak polisi, ya dia harus berdakwah di dalam bidangnya, dai jadi Wali Kota, maka harus berdakwah dalam bidangnya,” jelasnya.

“Pemerintah tugasnya untuk memfasilitasi lembaga-lembaga keormasan, kemasyarakatan untuk bisa berdaya, yang di antaranya Ikadi sebagai lembaga profesi dai yang potensial, ini harus difasilitasi,” ungkapnya.

“Jadi harapannya Ikadi terus bermitra untuk meningkatkan kegiatan-kegiatannya,” tandas Kyai Idris.(wan)

Posting Komentar

0 Komentar