Masuk 6 Besar Lomba Kampung KB, Idris Berharap Efektifitas Delapan Fungsi Keluarga Dapat Terwujud

Tapos, Depokterkini.com

Wali Kota Depok, Mohammad Idris menyambut kedatangan tim penjurian tahap III Lomba Apresiasi Penguatan Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) 2023 di Sekretariat Kampung KB Kelurahan Jatijajar, RT 06, RW 01, Kecamatan Tapos, Selasa (14/03/2023).

Kedatangan tim juri ke Kampung KB di Kelurahan Jatijajar tersebut, setelah Kota Depok masuk lima besar lomba tingkat provinsi

“Ini pengecekan ulang atau rechecking ke Kampung KB di Jatijajar,” kata Idris.

“Pada lomba ini memang sudah dinilai lima kota dan lima kabupaten se-Jawa Barat, Kota Depok masuk lima besar kategori kota dari kampung berkualitas dengan delapan fungsi keluarga dan empat sasaran yang diarahkan BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) maupun kementerian,” jelasnya.

Delapan fungsi keluarga tersebut, di antaranya, Fungsi Keagamaan, Sosial Budaya, Cinta Kasih, Perlindungan, Reproduksi, Sosialisasi dan Pendidikan, Ekonomi dan Pembinaan Lingkungan.

Karena itu, lanjut Idris, Kampung KB merupakan kegiatan kolaborasi antara Perangkat Daerah terkait di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, yang menjadi leading sector Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB).

“Ada Dinkes, Dinsos, termasuk Disdukcapil dan infrastruktur ada di PUPR dan Dinas Rumkim, semua merupakan kegiatan kolaborasi, dan leading sector berada di Bu Nessi Kepala DP3AP2KB,” tuturnya.

Lewat Lomba Kampung KB, Kyai Idris berharap bukan sekadar untuk mencari juara di tingkat provinsi saja, namun efektivitas delapan fungsi keluarga dapat terwujud.

“Efeknya berkelanjutan yang menjadi modal besar bagi ketahanan bangsa dan negara, dan saat ini kita baru membangun untuk masa depan,” tandas Idris. (wan)


Posting Komentar

0 Komentar