Pegawai Samsat Cinere Ikuti Sosialisasi Aktivasi IKD

Cinere, Depokterkini.com

Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) terus menggencarkan sosialisasi aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di lingkungan OPD, masyarakat dan instansi lainnya.

Seperti aktivasi IKD yang dilakukan di Kantor Samsat Cinere pada Jumat (17/3/2023). Sebanyak 100 orang pegawai serta wajib pajak di Samsat Cinere antusias mengikuti kegiatan berbasis digitalisasi ini.

Kepala Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan (Disdukcapil) Kota Depok, Aini Widayati, mengatakan IKD adalah Aplikasi berbasis Android yang berisi informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan dokumen Kependudukan dan data Balikan yang menampilkan Data Pribadi sebagai identitas yang bersangkutan.  

Dokumen kependudukan yang dapat diakses melalui aplikasi ini antara lain KTP, Kartu Keluarga (KK) sedangkan untuk data balikan seperti Kartu Vaksin, NPWP, Kepemilikan Kendaraan, Data Kepegawaian BKN dan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Sesuai dengan Permendagri No. 72 Tahun 2022, tujuan dari penerapan IKD ini untuk mengikuti penerapan teknologi informasi dan komunikasi mengenai digitalisasi kependudukan, meningkatkan pemanfaatan digitalisasi kependudukan bagi Penduduk, mempermudah dan mempercepat transaksi pelayanan publik atau privat dalam bentuk digital.

”Sampai saat ini kita telah mengaktifasi sebanyak 8000 orang, salah satunya Samsat Cinere. Kita akan terus melakukan aktifasi kepada masyarakat khususnya yang memiliki handphone android." terangnya 

Ia menjelaskan, Pendaftaran IKD ini dapat dilakukan dengan mengunduh aplikasi ini ponsel yang berbasis Android. Ini merupakan upaya mengamankan kepemilikan IKD melalui sistem autentifikasi guna mencegah pemalsuan dan kebocoran data." Dengan aktivasi IKD data kita sangat efisen dan aman," pungkasnya. 

Dalam kegiatan tersebut Kepala Pusat Pengelolaan Keuangan Daerah (P3D) Wilayah Depok II Cinere, Hj Enih Sri Murni langsung mengaktivasi IKD melalui HP androidnya. Ativasi juga diikuti Ketua Tim Pendataan dan Penetapan Samsat Cinere, Rina Parlina dan Ketua Tim Pendapatan dan Penagihan Samsat Cinere, Kuswanto.(wan)


Posting Komentar

0 Komentar