Idris Ajak Warga Sukseskan Sub Pekan Imunisasi Nasional Polio

 

Cipayung, Depokterkini.com

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengajak seluruh orang tua yang memiliki anak berusia 0 – 59 bulan untuk ikut menyukseskan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio. Kegiatan ini akan dilaksanakan serentak se-Jawa Barat mulai Senin (03/04/23).

Ajakan tersebut disampaikan Idris saat mengikuti kegiatan Salat Tarawih Keliling (Tarling) Ramadan Tingkat Kota Depok di Masjid An-Najat, Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung, Jumat (31/03/23) malam.

Dikatakan Idris, Sub PIN Polio akan berlangsung dua tahap. Putaran pertama dimulai 3 - 9 April 2023 untuk putaran pertama, lalu pada 15 - 21 Mei 2023 untuk putaran kedua.

"Targetnya 95 persen dari 200 ribu lebih balita Kota Depok, dan harus selesai seminggu, pelaksanaannya di Posyandu, klinik swasta, Puskesmas, rumah sakit dan itu gratis," katanya.

Idris mengimbau masyarakat agar tidak takut memberikan vaksin polio untuk anaknya. Sebab, pemberian vaksin Polio ini ditetes melalui mulut ke balita untuk mencegah penyakit, sekaligus penularan polio, yaitu penyakit saraf yang bisa menimbulkan kelumpuhan permanen.

"Jangan takut duluan disuntik, ini di tetes melalui mulut lalu selesai," paparnya.

Idris menyebut, penyakit Polio menular pada anak-anak. Seperti diketahui telah ditemukan kasus Polio pada anak usia 4 tahun di Kabupaten Purwakarta, sehingga hal ini menetapkan Provinsi Jawa Barat status Kejadian Luar Biasa (KLB).

"Polio ini menular untuk anak-anak, dan sekarang ini jenisnya baru (virus Polio)," ungkapnya.

"Makanya kita antisipasi dulu lebih baik daripada satu dua anak terkena sehingga menyebar, dan pemulihannya sulit, sebab terjadi kelumpuhan pada anak," ucapnya.

Posting Komentar

0 Komentar