Petugas UPS Se-Kota Depok Dapat Pelatihan Perbaikan Germo dari Dosen PNJ

Cipayung, Depokterkini.com

Petugas Kebersihan Unit Pengolahan Sampah (UPS) se-Kota Depok  mendapat pelatihan perawatan dan perbaikan kendaraan Gerobak Motor (Germo) dari dosen Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), selama 2 hari, Jumat dan  Sabtu (5-6/08/23).

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertempat di Aula Kelurahan Ratu Jaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok tersebut dibuka oleh Dr. Fuad Zainuri, mewakili Ketua Jurusan Teknik Mesin, dan dihadiri Lurah Ratu Jaya,Bambang, S.E. Babinkamtibmas, para dosen dibantu sejumlah mahasiswa.

Menurut Asep Apriana selaku Ketua Panitia Pengabdian masyarakat PNJ Gerobak motor adalah kendaraan roda tiga  dipakai mengangkut sampah warga dari rumah ke rumah.

" Motor ini sering kali rusak karena sehari bisa 5 kali bolak-balik mengambil sampah dengan kapasias yang cukup besar. Tetapi tidak ada anggaran perbaikan dan petugas pun tidak mempunyai keterampiln memadai memperbaiki kendaraan germonya, sehingga sampah tidak bisa terangkut dan akhirnya menumpuk." ujar Asep di Aula Kantor Kelurahan Ratu Jaya 

komdisi ini tentunya membuat lingkungan  jadi tercemar oleh tumpukan sampah  dan pastinya menimbulkan bau tidak sedap yang dapat mengganggu Kesehatan warga.

Karena itu, lanjut Asep, Dosen PNJ Jakarta, khususnya Kelompok Bidang Keahlian (KBK) memberikan solusi melalui program pengabdian kepada masyarakat dengan mengadakan pelatihan, perawatan dan perbaikan Germo kepada Petugas UPS  di Depok. 

Pelatihan bertujuan agar para pengelola UPS dan pengemudi germo dapat memperbaiki germonya sahingga kegiatan mengangkut sampah dapat berjalan lancar.

Hari pertama diisi pembekalan teori dan praktik sedangkan hari kedua monitoring dan evaluasi apakah program tepat sasaran dan tujuan tercapai. 

Lurah Ratu Jaya, Bambang, S.E. mengatakan  bahwa program pelatihan seperti ini memang sangat dibutuhkan dan bermanfaat buat masyarakat Kota Depok.

"Terima kaaih kspada para dosen dan mahasiswa PNJ  yang telah memberikan pelatihan buat petugas UPS. Semoga kedepannya lebih banyak lagi program dari PNJ yang bisa diterapkan disini." ucap Bambang seraya menambahlan sekaligus memberi tantangan kepada dosen PNJ untuk mengembangkan alat pengolahan sampah menjadi batako.

Dalam pelatihan tersebut dosen PNJ juga memberikan 1 unit kompresor dan sepangkat alat servis motor kepada Koordinator UPS.(wan)


Posting Komentar

0 Komentar