Kurangi Iklim Panas, Kelurahan RJB Ajak Warga Tanam Pohon

Pancoran Mas, Depokterkini.com

Aparatur Kelurahan Rangkapan Jaya Baru (RJB), Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok melakukan aksi tanam pohon, tanaman obat keluarga (toga) dan sayuran di RW 4, Kampung Caraka.

Tidak hanya itu, pembuatan lubang biopori juga dilakukan untuk resapan air, dan budidaya ikan.

Menurut Tajuddin, Lurah RJB penanaman pohon, toga dan sayuran, serta budidaya ikan melibatkan warga dan kelompok tani agar lingkungan menjadi asri mengurangi iklim panas.

Selain itu, dikatakan lebih lanjut, hasil dari tanaman pohon, toga dan  sayuran serta budidaya ikan dapat memberikan manfaat bagi warga untuk meningkatkan nilai gizi.

Manfaat lainnya, ditambahkan, agar dengan nilai gizi yang tinggi diharapkan terbebas dari stunting.

 “Jadi, kegiatan ini merupakan program Pemkot Depok melalui P2L atau Pekarangan Pangan Lestari dan kegiatan Kampung Iklim,” ujarnya didampingi Dedeng Miftah, Kasie Pemerintahan dan Tramtib di kelurahan setempat pada Selasa (17/10/2023).

Dia juga memotivasi warga lainnya dan kelompok tani untuk melakukan aksi tanam di lingkungan. 

Dedeng menambahkan, P2L mendukung program Kampung Caraka dan program Iklim untuk mengembangkan perekonomian warga dan mencegah stunting. “Mudah-mudahan stunting tidak ada,” harapnya.

Mengenai budidaya ikan, dijelaskannya,  jenis ikan lele satria budidaya di empang di RW 4 sebanyak dua ribu bibit di RW 8 dua ribu. “Ada dua lokasi budidaya ikan,” ucapnya. 

Sedangkan untuk penanaman sayuran, ditambahkannya, jenis sawi, bayam merah dan hijau ditanam menggunakan media tanam hidroponik. (Dib)

Posting Komentar

0 Komentar