Pondok Petir Evaluasi Kelurahan Sehat Selama Setahun

Bojongsari, Depokterkini.com

-Djoko Soemarjo, dari  Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS) Kecamatan Bojongsari mengatakan, ada lima pilar yang harus diterapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Pertama, dijelaskannya, bebas Open Defecation Free (ODF), kemudian cuci tangan pakai sabun, selanjutnaya, pangan aman sehat rumah tangga mengelola air minum dan makan di rumah tangga untuk memperbaiki dan menajaga kualitas air.

Selain itu, sambung dia, pengamanan sampah rumah tangga, berikutnya pengamanan limbah cair.

Hal itu dikatakannya usai kegiatan rapat pengurus kelurahan sehat di aula lantai dua, Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok pada Rabu (22/11/2023).

Kegiatan tersebut dibuka Kepala Seksi Kemasyarakatan dan Pelayanan, Deden Saputra mewakili Lurah Pondok Petir Bahrudin serta menghadirkan narasumber lainnya di antaranya dari UPTD Puskesmas Bojongsari.

Menurut Deden Saputra kegiatan kelurahan sehat ini merupakan evaluasi selama setahun diikuti para kader posyandu. 

Pembahasan dalam kegiatan ini, kata dia, di antaranya, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Gerakan masyarakat hidup bersih (Germas), Jumantik dan Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Kemudian, lanjut dia, pada  tahun 2024 kegiatan akan dilaksanakan pemberdayaan masyarakat sinergitas dengan SDN Pondok Petir 01, SMP Azahra dan SMA PGRI.

“Jadi nantinya akan berkolaborasi dengan sekolah,” ujarnya, seraya juga menyebut kolaborasi dengan masjid.

Untuk KTR, diakuinya, jauh sebelumnya sudah dilaksanakan dengan imbuan dan pemasangan stiker. (Dib)


Posting Komentar

0 Komentar