Optimalkan Pendapatan, P3D Wilayah Depok I Perkuat Sinergitas dengan Pemkot

 

Balaikota, Depokterkini.com

Dalam upaya mengoptimalkan pendapatan pajak kendaraan bermotor di Kota Depok, Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (P3D) Wilayah Depok I (Samsat Depok) menggelar sosialisasi pajak daerah dengan melibatkan para Camat dan Lurah di wilayah kerja Samsat Depok.

Sosialisasi bertempat di lantai 2 Gedung Dibaleka menghadirkan nara sumber yaitu Kepala P3D Wilayah Depok I, Yosep Mohamad Zuanda, Kepala BKD Kota Depok, Wahid Suryono, Kepala BKSDM, Asiaten Adminiatrasi Pembangunan Sekda Kota Depok, dan perwakilan Jasa Raharja, Gusti Yudistira.

"Sosialisasi ini merupakan salah satu bentuk sinergitas antara Pemerintah Provinsi Jabar dan Pemerintah Kota Depok untuk mengoptimalisasikan kinerja pendapatan, " kata Yosep usai sosialisasi, Senin (18/12/23)

Dari sisi pemerintah provi nsi, lanjut Yosep, kita optimalkan pendapatan dari pajak kendaraan bernotor, sedangkan dari pemerintah Kota Depok yaitu PBB, pajak restoran dan lain lain,

" Kita bersinergi agar bisa meningkatkan kinerja pendapatan yang nantinya digunakan untuk anggaran pembangunan di Jawa Barat secara umum dan di Kota Depok secara khusus," ulasnya

Hingga hari ini, kata Yosep realisasi pendapatan PKB Samsat Depok telah mencapai 96,05 persen dari target yang ditetapkan sebesar Rp 518 milyar."Kita optimis hingga akhir tahun ini pendapatan PKB bisa mencapai target 100 persen. Masih ada waktu 2 minggu lagi," pungkasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok, Wahid Suryono mengatakan pihaknya sudah sering bertukar pikiran dengan P3D, termasuk kerja bareng dalam rangka pencapaian target pajak daerah.

Menurutnya kontribusi pajak dari pemerintah provinsi cukup besar untuk pemerintah Kota Depok." 500 milyar lebih kita menerima bagi hasil setiap tahunnya dari pemerintah provinsi Jawa Barat. Anggaran itu untuk mendanai pembangunan di Kota Depok," tuturnya.

Lebih lanjut Wahid mengatakan pajak daerah merupakan tulang punggung utama mendanai APBD. Karena itu dirinya meminta kepada Camat dan Lurah untuk gencar mensosialisasikan tentang pajak daerah kepada masyarakat."kita juga telah nelakukan sosialisasi secara berkeliling melalui program paling D"best.

"Tahun depan kita lanjutkan program ini. Pelayanan langsung kepada masyarakat dalam acara tertentu dengan menghadirkan mobil samsat keliling dan PBB  program sangat membanru dalam pencapaian target pajak," tandasnya.(wan)


Posting Komentar

0 Komentar