Usai P2WKSS, Lokasi Kebon Bibit Desa Duren Seribu Dijadikan Tempat Pelatihan Pertanian

Bojongsari, Depokterkini.com

Lokasi Kebun Bibit Desa (KBD) yang dikelola Kelompok Wanita Tani (KWT) Mawar di RT 01/RW 04,Kelurahan Duren Seribu, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok menjadi tempat pelatihan bagi warga  di kelurahan setempat.

Hal ini dilakukan setelah berakhirnya program Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS). Di lokasi tersebut juga dijadikan sebagai pilot project pertanian karena di dalamnya terdapat pembibitan berbagai sayuran.

Ahmad Sabani, Sekretaris Kelurahan (Sekel) Duren Seribu mengatakan, pelatihan di lokasi KWT Mawar dengan menghadirkan narasumber dari PPL Sawangan kerap dilakukan bagi masyarakat setempat yang ingin bercocok tanam.

“Jadi setelah program P2WKKS berakhir dan RW 04 Kelurahan Duren Seribu berhasil meraih juara 2 tingkat provinsi Jawa Barat KWT Mawar yang memiliki 20 anggota punya kebun sekaligus dijadikan tempat pelatihan pertanian,” ujarnya pada Rabu (3/1/2024).

Tidak hanya itu, terkait pelatihan makanan olahan yang diikuti warga binaan di RW 04 Kelurahan Duren Seribu  hingga saat ini masih eksis dimana peserta yang merupakan UMKM memproduksi berbagai makanan ringan hasil dari pelatihan P2WKSS, seperti pembuatan risoles dan aneka makanan lainnya.

Bahkan, ditambahkannya, untuk jenis makanan berbahan ikan lele dibuat abon, nughet, bakso dan varian lainnya. “Intinya melalui P2WKSS program tersebut dilanjutkan, karena bermanfaat bagi masyarakat,” terangnya.

Sabani juga menyebutkan dibuatkannya lapangan olahraga sportif juga digunakan masyarakat untuk mencari bibit olahraga seperti futsal, demikian juga taman bermain Mawar Ceria dan taman baca Mawar Cerdas banyak disinggahi anak anak untuk beraktivitas, termasuk taman Lansia Mawar Tangguh dijadikan tempat kegiatan Lansia. (Dib)


Posting Komentar

0 Komentar