Ramadan 1445 H, SD Bedahan 03 Sanlat dan Terapkan Kurikulum Merdeka

 

Sawangan, Depokterkini.com

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)  merupakan salah satu program kurikulum merdeka. Dalam prakteknya para siswa membuat karya atau kegiatan literasi.

Seperti yang dilakukan di SD Negeri Bedahan 03 kegiatan P5 dilaksanakan  dari kelas 1 sampai klas 6 sesuai tingkatkan.

Dalam praktik P5 sekolah tersebut membutuhkan waktu sekitar seminggu. Bahkan menurut Cahli Mawardi, guru kelas 6, sekolah setempat, kegiatan P5 yang merupakan salah satu program kurikulum merdeka  dibuat 3 pase, karena para pesertanya dari kelas 1 sampai 6. 

“Jadi kami membuat tiga literasi untuk P5 yaitu, pase a,  literasi keluarga kemudian pase b, literasi keberagamaan agama dan pase c,  literasi keberagaam budaya di Indonesia,” katanya di sela-sela kegiatan pesantren kilat (sanlat) di SD Negeri Bedahan 03 pada Selasa (26/3/2024).

Mengenai pelaksanaan P5, ditambahkannya, dilaksanakan sebelum kegiatan  sanlat hari Sabtu 23 Maret 2023. 

Namun, kata Cahli yang juga panitia kegiatan sanlat, untuk program sanlat diagendakan sekolah  Senin hingga Sabtu 25-30 Maret 2024, agendanya diantaranya, shalat dhuha, khotmil quran,  asmaul husna, menghafal sifat 20, sambung ayat dan permainan.

“Jadi para siswa sesuai tingkatan kelasnya melaksanakan sanlat  sejak  masuk sekolah dengan melaksanakan salat dhuha,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) SD Bedahan 03 Jubaedah menambahkan, kegiatan sanlat yang merupakan gebyar Ramdan dilaksanakan di sekolah ini dari mulai salat dhuha di lapangan sekolah, tadarusan dan lainnya.

Tujuan kegiatan ini, mendidik siswa berakhlakul karimah, sehinggga kelak menjadi anak anak saleh dan salehah.

Dirinya juga menambahkan akan memberikan santunan kepada siswa yatim di SD Negeri Bedahan 03 dana santunan dikumpulkan dari para guru sekolah ini. 

“Jadi Insya Allah kami akan menyelenggarakan santunan sekaligus pembagian takjil ke masyarakat dan buka bersama,” pungkasnya. (Dib)

Posting Komentar

0 Komentar