Dies Natalis FHUI Rayakan 90 Tahun Pendidikan Tinggi Hukum


Rangkaian perayaan Dies Natalis Fakultas Hukum Universitas Indonesia Ke-90 yang akan dimulai pada 22-29 Oktober mendatang bertemakan “90 Tahun Pendidikan Tinggi Hukum, Mendukung Pendidikan Tinggi Hukum ke Pentas Dunia”. Tema tersebut sebagai upaya mendukung majunya pendidikan tinggi hukum di Indonesia sekaligus meningkatkan pencapaian UI di kancah internasional.


“Melalui acara ini, kami ingin mendorong mahasiswa FHUI bersiap dan meningkatkan kemampuan bersaing dengan mahasiswa dari luar negeri. Acara juga bertujuan sebagai persiapan Indonesia menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada 2015, lulusan hukum UI harus bersaing dengan lulusan hukum dari negara lain,” tutur Dekan FH UI Topo Santoso saat konferensi pers di Restoran Njonja Rasa, Depok, Jawa Barat, Kamis (16/10).

Topo menekankan para mahasiswa dan alumni harus mampu bersaing dengan lulusan dari negara lain. Jika lulusan FHUI tidak siap, maka sektor-sektor di Indonesia akan dibanjiri oleh lulusan dari negara lain. Untuk itu, dibutuhkan kemampuan mumpuni demi meningkatkan kapabilitas ke level regional dan internasional.

Kegiatan yang berlangsung selama seminggu terfokus pada seminar dan konferensi, baik skala nasional maupun internasional terkait pendidikan tinggi hukum. Acara hiburan seperti pertunjukan musik dan wayang, temu kangen para alumni, kompetisi jalan sehat, lomba memancing, stan bazaar, festival film serta pameran mural ikut memeriahkan acara.

Selain itu, pertunjukan wayang yang akan digelar oleh Wayang Kampung Sebelah (WKS) mengangkat kisah kehidupan masyarakat secara lugas terkait penegakan hukum di Indonesia, terutama penerapan atas penegakan hukum di kalangan masyarakat kecil. Nuansa pertunjukan pun dikemas baik dengan muatan sinisme, satire, hingga kritikan tajam.(fit)