Tahun Baru Islam, Ratusan Warga Depok Pawai Obor

Ratusan warga Depok melakukan Pawai Obor dengan berkeliling dalam rangka merayakan pergantian tahun baru Islam 1435 H. Hampir diberbagai ruas jalan dipenuhi iring-iringan bedug, rebana, obor dan kreasi lainnya. Seperti yang dilakukan warga RW 01, Kelurahan Rangkapan Jaya, Pancoran Mas, Depok. Warga di wilayah tersebut rutin menggelar  pawai obor setiap pergantian tahun baru Islam,"Kita meriahkan dan ramaikan pergantian tahun baru Islam, jangan hanya meramaikan tahun baru masehi saja. Kita harus budayakan,"tegas Koordinator Pawai Obor RW07, Lili Suherman kepada wartawan, kemarin.

Menurut dia,  kegiatan tersebut merupakan bagian dari dakwah dan mengembangkan budaya bernuansa Islami. "Sengaja kita ingin melestarikan tradisi dan membentengi diri dari pengaruh negatif. Ini juga bagian dari memperkenalkan  tahun baru Islam pada masyarakat,"tandasnya. 

Salah satu peserta pawai obor,  Ahmad Sofyan  warga RT07/01 mengatakan,  mengikuti pawai untuk  meramaikan tahun baru Islam.  Apalagi, kegiatan seperti ini  sudah kali ketiga dilakukan. "Alhamdulillah seru banget acaranya. Harapannya, tahun depan bisa ikut lagi. Sebab, ini positif banget, tumbuhkan kreatifitas anak muda,"tandasnya.

 Jarak tempuh peserta pawai obor sekitar 5 KM yang diikuti mulai dari anak-anak, remaja, dan orang tua.  route pawai meliputi jalan perumahan puri agung, pemakaman, villa santika dan jalan di perkampungan.