350 Pramuka Ikuti Lomba Kemahiran

Sedikitnya 350 anggota Pramuka Penggalang dan Pandega dari 20 SD, SMP dan SMA Ranting Kecamatan Sawangan mengikuti pelatihan gabungan dan aneka lomba di SMK Al Ikhsan, Bedahan, Sawangan, Depok.

"Pelatihan gabungan dan aneka lomba untuk melatih anggota Pramuka agar  lebih mahir dalam  teknik kepramukaan sehingga pada lomba tingkat yang lebih tinggi mereka bisa berprestasi," kata Lili Maliah, Kepala SMK Al Ikhsan, disela-sela pelatihan bersama dan lomba Pramuka tingkat Ranting Sawangan, Minggu (16/11). Lomba meliputi baris berbaris, sandi morse, pionering, pembuatan tandu, serta teknik kepramukaan.

Dengan kegiatan ini Lili berharap, anggota Pramuka bisa menjadi teladan tidak hanya di lingkungan sekolah,keluarga dan  masyarakat.

Di tempat yang sama, HM Wahyuddin Azies, selaku .wakil Yayasan Pendidikan Al Ikhsan  mengatakan,  siswa di sekolah wajib mengikuti kegiatan  Pramuka, karena di dalamnya terdapat hal-hal yang positif, seperti cinta terhadap lingkungan, peduli terhadap sesama, gotong royong dan lainnya sesuai dengan Dasa Dharma Pramuka.

"Di sekolah Al Ikhsan ini seluruh siswa merupakan anggota Pramuka. Bahkan bidang study yang tak diajarkan di kelas, di Pramuka diajarkan seperti melatih sebagai leadership dan lain sebagainya," ujar Wahyuddin.

Pelatihan dan aneka lomba Pramuka dibuka Ketua Ranting Kecamatan Sawangan, M Zein. Dalam lomba tersebut panitia menyediakan piala tetap dan bergilir.(Sudi)