Iwan Fals Diminta Jadi Duta Desa Lewat Musik

Tapos | Depok Terkini

Seniman Iwan Fals diminta oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar untuk menjadi duta desa berkeliling desa lewat musik.“Saya tentu bangga merasa senang didatangi Pak Marwan harus memikirkan 5 ribu desa. Desa menurut saya tempat dilahirkannya penduduk yang berpotensi jadi Hitler, Einstein, dan orang hebat lainnya. Saya masih percaya setiap manusia punya keistimewaan,” jelas Iwan dikediamannya di Leuwinanggung, Depok, Selasa (16/12).

Iwan menilai bahwa desa merupakan tempat yang asik untuk merenung. Ia mengaku kerap mengunjungi wilayah Jonggol, Bogor untuk melihat suasana desa.
“Ada 74 ribu orang dikali 5 ribu desa berapa banyak itu masyarakat kita. Desa adalah tempat yang luar biasa saya bisa melihat alam. Kalau lagi mumet saya juga sering ke Jonggol lihat teman – teman bertani dengar suara alam, bagaimana desa jadi sejahtera,” jelasnya.

Iwan mengaku siap dan akan memikirkan dengan manajemen untuk manggung ke seluruh desa. Ia menyebut akan menyanyikan 15 lagu setiap mengunjungi desa.
“Tinggal diatur oleh manajemen soal jadwal saya, mungkin bisa dikumpulkan lagunya ada 15 lagu mungkin saya bawakan. Saya akan renungkan kembali. Kalau untuk nyanyi genjreng genjreng saya mau karena memang hidup saya disitu. Bikin lagu saja setengah mati. Dari B ke C ke A. Pak marwan mikirin desa punya ketegangan yang sama,” tuturnya.

Iwan mengungkapkan ia merindukan suasana desa dan keindahan alam Indonesia. “Karena itu saat Pak Marwan datang saya agak brrr...Ini ada apa. Tetapi dikasih gitar panggung dan mic paham saya harus ngapain, saya merindukan Indonesia yang jaya,” tutupnya.