Kota Tangerang Bakal Diguyur Dana ADB

Kota Tangerang | Depok Terkini

Memasuki hari  ke dua Pelaksanaan Program Review Commitee (PRC), para delegasi Cities Development Initiative for Asia (CDIA) yang merupakan Badan Khusus Penanganan Pembangunan Kota dari Asia  Develoment Bank (ADB) melakukan kunjungan lapangan ke TPA Rawa Kucing, Selasa (16/12).

Walikota Tangerang, H. Arief R. Wismansyah sebagai pemandu kunjungan lapangan menjelaskan dalam bahasa Inggris kepada para anggota delegasi yang berasal dari berbagai negara terkait pengelolaan sampah di Kota Tangerang.
"Mereka sudah buat kajian analisa awal terkait pengelolaan sampah, dan mereka ingin menyesuaikan kajiannya dengan kondisi di lapangan, sehingga kajiannya nanti bisa diimplementasikan,"ujarnya seusai memandu para delegasi .

Walikota dengan percaya diri  menjelaskan bahwa CDIA menawarkan untuk menjembatani aplikasi teknologi pengelolaan sampah menjadi energi. Seperti utusan dari China yang menyatakan kesanggupannya untuk mendatangkan perusahaan yang bisa menginvestasikan modal untuk pengembangan energi yang dihasilkan dari pengolahan sampah. "Di China itu harga listriknya USD 11 Sen per KWH, sedangkan dikita mencapai USD 10-15 Sen, ini kalau hitung-hitungan bisnis sangat menjanjikan, tapikan belum ada perusahaan yang bisa mengolahnya,"jelasnya.

Sementara itu, para delegasi CDIA terlihat sangat menikmati kunjungan lapangan meskipun suasana sangat terik dan agak bau, mereka sangat tertarik dengan pengolahan sampah di TPA terbesar di Kota Tangerang, seperti disampaikan perwakilan Negara Jerman, Ms. Inge.
           
Pada kesempatan ini rombongan delegasi CDIA mengunjungi Bank Central Sampah (BCS) yang masih berada di kawasan TPA Rawa Kucing, dilanjutkan ke lokasi  Bank Sampah di Kelurahan Kunciran Indah. Rencanya Selasa malam akan dilangsungkan jamuan makan malam dengan para pejabat di Lingkup Pemkot Tangerang sekaligus penutupan PRC dari CDIA di Rumah Makan Telaga, di kawasan Modern Land Kota Tangerang. (sul).

Popular posts from this blog

Kodim 0508/Depok Gelar Penyuluhan KB Kesehatan

Debus Banten Ramaikan Aksi Unjuk Demo Nelayan di Istana

Generasi Muda Harus Siap Hadapi MEA