Tak Kunjung Cair, DPRD Perjuangkan Dana Hibah Pramuka


Kota Kembang | Depok Terkini

Anggaran untuk kegiatan Pramuka dari APBD Kota Depok tahun 2014 dipastikan tidak akan cair hingga akhir tahun ini. Hal itu ditegaskan Ketua DPRD Kota Depok, Hendrik Tangke Allo saat melepas 13 peserta Jambore Nasional di Gedung DPRD Depok, kemarin.
“Saya sangat prihatin terhadap Kwartir Cabang Pramuka Kota Depok. Kenapa ini bisa terjadi dan ada apa ini?. Seharusnya dana tersebut bisa dicairkan untuk kegiatan Pramuka. Kami akan cari tahu soal itu,” tegas Hendrik

Hendrik menambahkan, ketika berbicara anggaran untuk kegiatan Pramuka, wajib untuk disetujui oleh pemerintah kota. Ia yang juga menjabat sebagai ketua badan anggaran berjanji akan mempersiapkan hal itu pada 2015 mendatang.

“Di anggaran 2015, wajib harus ada anggaran untuk kepramukaan, nggak ada cerita. Karena kami menilai kegiatan pramuka ini merupakan kegiatan positif yang membina dan membentuk karakter serta mental para siswa. Sementara kegiatan semacam ini perlu dukungan pemerintah terutama terkait dengan pendanaan,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, ke depan jika anggaran sudah disetujui harus dicairkan. Siapapun kepala daerahnya, kata dia, wajib mendukung kegiatan yang positif seperti ini. “Ke depan tidak boleh lagi terjadi hal semacam ini,” tegasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Anggota DPRD Kota Depok, Hj Siti Nurjanah. Ia menyayangkan, begitu padatnya kegiatan Pramuka, namun sangat minim bahkan tidak ada alokasi anggaran untuk kegiatan tersebut.

“Kami di badan anggaran akan memperjuangkan hal itu, agar kegiatan Pramuka di Kota Depok dapat terus berjalan. Kegiatan semacam ini tentunya tak lepas dari pendanaan,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kota Depok, H Sariyo Sabani membenarkan jika di tahun 2014 ini pihaknya tidak mendapatkan bantuan sepeser pun dari pemerintah kota.

“Betul, seharusnya dana hibah sebesar Rp 150 juta untuk kegiatan Pramuka cair di akhir tahun ini, namun rupanya tidak,” jelasnya.

Ia mengatakan, dana hibah tersebut sesungguhnya amat sangat dibutuhkan oleh Pramuka untuk berbagai macam kegiatan. Selama ini dikatakannya, bahwa pihaknya melakukan saweran untuk melaksanakan kegiatan Pramuka.(rt)