Koperasi Syariah Huwaiza Luncurkan Mobil Kas Keliling

Pancoran Mas | Depok Terkini

Guna mendukung operasioal Koperasi serta memberikan kemudahan pelayanan kepada anggota. Koperasi Syariah Huwaiza yang beralamat di Jalan Raya Parung Bingung, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Pancoran Mas, Depok meluncurkan program andalan mobil pelayanan kas keliling.

Mobil kas keliling kas digunakan untuk melayani anggota koperasi yang berada di 11 Kecamatan di Kota Depok. “Mobil kas keliling baru dimulai tahun ini, sebelum kita buka kantor kas di wilayah,”ujar  Namah Kunama, Ketua Pengurus Koperasi Syariah Huwaizah, kemarin.

Selain itu, lanjut Namah, mobil kas keliling juga difungsikan sebagai media promosi di semua tempat. Jika memang di satu tempat ramai peminatnya dan diperlukan kantor kas maka akan dibuka kantor kas,”Sementara ini kita layani anggota melalui kas keliling. Seperti di wilayah kecamatan Cipayung, kalau banyak peminatnya, insya Allah kita buka kantor kas,”jelasnya.

Koperasi yang bergerak di bidang jasa syariah  telah memiliki anggota sebanyak  2213 orang  tersebar di wilayah Depok.”Usaha kita bidang pembiayaan dan simpan. Semuanya berbentuk syariah,”ungkap Namah.

Hingga tahun 2014 akhir lalu, kata Namah, asset koperasi sudah mencapai Rp.4,7 miliar. Jumlah itu dinilai belum memenuhi target yang diinginkan sebesar Rp.8 milliar. “Baru 56 persen target yang tercapai. Sebenarnya kalau mau terima dana dari bank cukup banyak. Namun kita lebih mengutamakan dana dari masyarakat,”tuturnya.

Koperasi yang dirintis sejak tahun 2002 dengan modal utama bersumber darii infaq ibu-ibu,  berhasil mengembangkan usahanya hingga berbadan hokum konvesnional. “Tahun 2008 badan hukum kita ganti dengan syariah.,”ujarnya lagi.

Dalam operasionalnya, lanjut Namah, diakui  banyak ditemukan kendala,  seperti kredit macet. Namun hal itu bisa diatasi karena setiap peminjaman harus disertai jamina  berupa BPKB atau sertifikat rumah. “Pinjam Rp.1 juta saja harus ada jaminan. Jadi kalau macet bisa ditangani karena ada jaminannya,”pungkasnya.


Pengurus Koperasi juga aktif dengan pemerintah dalam hal ini Dinas Koperasi, UKM dan Pasar.”Kita selalu ikut berbagai kegiatan Pemkot,”tandasnya.(ndi)