Wawali Tinjau Pelatihan Kewirausahaan di Lokasi P2WKSS

Cipayung | Depok Terkini

Wakil Walikota Depok, Idris Abdul Shomad ditengah kesibukkannya menyempatkan diri meninjau pelatihan kewirausahaan yang diadakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Depok, di kelurahan Cipayung,Depok, Kamis (8/4).

Pelatihan yang diikuti puluhan kaum ibu itu mempelajari pembuatan industry kreatif seperti tas, lampion,bando, dan asesoris wanita lainnya.”Pelatihan ini untuk memotivasi kita dalam rangka meningkatkan perekonomian. Sekitar 63 persen dari industry kreatif menjadi penyumbang tertinggin PDRB Kota Depok,”ujar Idris didampingi Lurah Cipayung, dan Ketua RW setempat.

Penyumbang tertinggi dari industry kreatif, kata Idris, adalah usaha fashion, kuliner dan pernak-pernik.”Tiga jenis usaha kreatif itu yang banyak digemari dan menjadi penyumbang terbesar PDRB,”ungkapnya.

Namun demikian, lanjut Idris, industry kreatif banyak terkendala dengan permasalahan marketing. Karena itu, dibutuhkan kerjasama berbasis teknologi dengan memanfaatkan media sosial, seperti facebook dan lainnya. Disperindag juga harus memfasilitasi warga dalam berkreasi sehingga akan bernilai dan memiliki nilai jual,”pinta Idris.

Menurut Idris, Sentra UMKM memang telah disediakan pemerintah yang berada di pojokkan ITC Depok. Namun tempat itu dinilai terlalu kecil, dibutuhkan tempat khusus untuk memasarkan produk industry kreatif kepada wisatawan. Sementara

terkait permodalan usaha, Idris mengatakan akan dibuatkan regulasi.”Pemkot harus bisa memfasilitasi permodalan, mudah-mudahan bisa diselesaikan,”janjinya.(ndi)