Ketua KPU Pusat Cek Persiapan Pilkada di KPU Depok

Pancoran Mas | Depok Terkini

Jelang tahapan pendaftaran calon bagi pasangan bakal calon walikota dan wakil walikota Depok, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik menyambangi Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Depok, Minggu (26/7). Kedatangan Husni kami guna mengecek persiapan Pilkada serentak pada 9 Desember 2015.

Husni bersama Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail dan Kapolresta Depok Kombes Pol Dwiyono menegaskan Pilkada serentak siap digelar di 269 kabupaten kota.

"Kami lakukan pembenahan di berbagai tahapan pemilihan, sejak awal siapkan data pemilih yang akurat. Pemuktahiran Daftar Pemilih Tetap (DPT) saat ini dalam posisi penggerakan pertugas pemuktahiran data pemilih," tegasnya.

Husni menyebutkan jumlah pemilih Pilkada serentak sesuai DP4 se Indonesia sebanyak 102 juta, sedangkan Depok dalam DP4 sebanyak 1,6 juta pemilih warga Depok. Komponen yang tercatat seperti data lengkap, NIK, nama, alamat, jenis kelamin, hingga status perkawinan.

"Sehingga tugas Panitia Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) gampang saja. Harus baca data, dan tanya ke orang yang ditemuinya. Sudah sesuai belum, tinggal ditandai. Lalu petugas menandai tak ada jika orang tak ditemui di lapangan, meninggal, pindah atau TNI Polri cukup dicoret. Tanda silang. Selain itu, apabila yang ditemui belum 17 tahun maka petugas PPDP menambahkan," jelasnya.

Husni menambahkan tiga kegiatan tersebut cukup diinput di tingkat PPS atau PPK."Kalau sudah ada datanya, tinggal bermain data soft copy yang diserahkan ke KPU. Jangan sampai ada entry dobel karena petugas misalnya ngantuk, lapar atau galau," tukasnya.

Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail mengatakan secara keseluruhan tahapan Pilkada sudah siap dilaksanakan termasuk persiapan pendaftaran hari ini. Ia menjelaskan sesuai kursi di DPR semestinya berpeluang ada 4 pasang calon di Depok.

"Hari ini belum ada yang daftarkan calonnya. Ketua KPU RI beri penjelasan warning bagi kita sekalian, sampai hari ketiga tanggal 28 Juli jangan sampai kurang dari dua pasang. Kita tunggu mulai hari ini sampai lusa," tegas Nur Mahmudi

Posting Komentar

0 Komentar