Ketinggian Sampah TPA Cipayung 30 Meter

Cipayung | Depok Terkini

Ketinggian tumpukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung telah mencapai 30 meter. Kondisi tersebut merupakan yang paling tinggi sejak kurun waktu dua tahun terakhir.

“Memang ketinggian sampah di sini setiap tahunnya mengalami kenaikan, dan kini telah menyentuh angka 30 meter,” ujar Iyay Gumilar, Kepala UPT TPA Cipayung, Kamis (13/8).

Ia menambahkan, kapasitas TPA Cipayung sesungguhnya sudah penuh sejak 2014 lalu. Namun pihak UPT terus mencari solusi untuk meminimalisir tumpukan sampah agar tidak terlalu tinggi.

Salah satu upaya yang dilakukan pihak UPT yakni meratakan tumpukkan sampah yang terdapat di kolam A dan B. Di mana, tumpukan sampah diurai kembali agar ketinggiannya dapat diminimalisir.

“Setelah kami melakukan proses itu, Alhamdulillah ketinggiannya kini telah turun lima meter menjadi 25 meter. Memang ini kami paksakan agar sampah tetap bisa masuk ke TPA,” paparnya.

Di samping itu, Iyay mengungkapkan bahwa saat ini UPT tengah mencari teknologi mutakhir untuk meminimalisir tumpukan sampah. Selain itu, pemerintah kota juga tengah berupaya untuk menggunakan TPA Nambo.

“Informasi yang kami dapat dari provinsi, bahwa pembuangan sampah dari Depok ke TPA Nambo baru akan dilakukan pada 2017 nanti. Kami senantiasa melakukan rekayasa agar sampah bisa tertampung di sini,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, sampah yang masuk ke TPA Cipayung setiap harinya mencapai 550 ton. Hal itu dijelaskannya ada peningkatan dari tahun 2014 yang hanya 500 ton dan 2013 sebanyak 350-400 ton.

“Memang tren setiap tahun sampah yang masuk mengalami peningkatan. Dari itu kami terus melakukan beberapa rekayasa agar sampah masih bisa tertampung,” pungkasnya.(rt)

Posting Komentar

0 Komentar