Perkembangan Teknologi, Pramuka Jangan Terkesan Kuno

Balaikota | Depok Terkini

Seiring bergulirnya waktu dan perubahan zaman terus terjadi. Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka, Adhyaksa Dault dalam sambutannya yang dibacakan Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Pramuka Kota Depok Nur Mahmudi Ismail dalam upacara HUT Pramuka ke-54 menjelaskan guna menciptakan gerakan pramuka baru yang diminati kaum muda, Pramuka harus mengikuti perkembangan zaman sehingga tidak terkesan kuno dalam era komunikasi digital saat ini.

"Hampir setiap orang dan bahkan peserta didik Anak masa kini telah bebas memiliki handphone canggih beserta aplikasi media sosial. Pramuka harus dapat mengangkat fenomena ini dalam era kebebasan berkomunikasi. Jika tidak dapat berperan sesuai dengan keinginan kaum muda, maka lambat lain Pramuka akan ditinggalkan oleh anggotanya. Pramuka baru harus keren, asyik dan menyenangkan,"ujar Walikota.

Dalam kesempatan itu, Nur Mahmudi meminta kepada pengurus Kwarcab Pramuka Kota Depok yang baru dilantik dan para pembina agar dapat secara bersama meningkatkan kualitas didik sebagai wahana pendidikan karakter bangsa."Kami harap Kwarcab periode 2015-2020 segera menyusun kepengurusan yang lengkap, dan diharapkan kegiatan kepramukaan di Kota Depok dapat berjalan dengan baik sesuai dengan arahan dari Ka Kwarnas,"tandas Nur Mahmudi.

Upacara yang bertemakan "Pramuka Garda Terdepan Pelaku Perubahan dalam Pembentukan Karakter Kaum Muda” diikuti Lebih kurang 1500 siswa dari 11 kecamatan di Kota Depok itu, dihadiri pula  Wakil Wali Kota Depok Idris Abdul Shomad, Ketua Kwartir cabang gerakan Pramuka Kota Depok, Ketua Kwartir ranting Pramuka se-Kota Depok, serta tamu undangan dan pendamping Pramuka.
Berbagai atraksi ditampilkan dari setiap gugus, diantaranya baris-berbaris, drum band, pembacaan puisi, seni tari, dan masih banyak lagi.(ndi)