Ratusan Siswa SDN Depok Baru 5 dan 2 Antusias Ikuti Program PWK

Pancoran Mas | Depok Terkini

Ratusan siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri (SDN) Depok Baru 5 dan 2 di wilayah Kelurahan Depok jaya, antusias menerima berbagai materi wawasan kebangsaan yang disuguhkan tim Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PWK) Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Depok, Senin (5/10).

Tim yang beranggotakan anggota Kepolisian, wartawan, TNI dan personil dari Kesbangpol  memberikan berbagai materi diantaranya pengenalan pahlawan, lagu-lagu kebangsaan, dan sikap-sikap terkait kebangsaan.

"Kehadiran kami di sekolah ini dalam rangka menjalankan amanat Permendagri No 71 tahun 2012 tentang pedoman pendidikan wawasan kebangsaan. Seperti kita ketahui bahwa kondisi wawasan kebangsaan dikalangan siswa saat ini sudah semakin memudar. Karena itu perlu kita tanamkan kembali,"ujar Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok, Taufan Abdul Fatah melalui Kasi bina idiologi dan wawasan kebangsaan Kesbangpol Neneng Rochaeni saat upacara bendera di dua sekolah tersebut.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN Depok Baru 5, Roniah mengaku senang anak didiknya mendapat tambahan materi wawasan kebangsaan dari tim PWK Kesbangpol Kota Depok.

"Materi yang diberikan sangat membantu anak-anak untuk lebih mengenal tanah airnya dan rasa kebangsaannya. Ini sangat positif untuk meningkatkan rasa nasionalisme mereka,"kata Roniah.

Ia berharap tambahan edukasi wawasan kebangsaan dari kesbangpol tidak hanya diadakan kali ini saja, namun bisa diprogramkan secara rutin, sehingga bisa lebih berdampak pada prilaku siswa,"tandasnya.

Dalam edukasinya, tim PWK melakukan interaksi langsung dengan para siswa dengan mengajukan berbagai pertanyaan, seperti nama-nama pahlawan, nama pejabat mulai tingkat RT hingga Walikota. Selain itu diterapkan pula cara baris-berbaris yang benar, dan menyanyikan lagu-lagu perjuangan."kita siapkan pula hadiah bagi siswa yang bisa menjawab pertanyaan,"tambah Neneng didampingi Darsono.(ndi)