Samling Samsat Depok Layani Warga Kecamatan Sukmajaya

Sukmajaya | Depok Terkini

Layanan Samsat keliling (Samling) Samsat Depok yang menjadi primadona dan dinantikan masyarakat kembali beroperasi di wilayah kerja Samsat Kota Depok. Kali ini Bus Samling ditempatkan di lingkungan Kantor Kecamatan Sukmajaya guna melayani warga Sukmajaya dalam mengurus administrasi perpanjangan STNK satu tahunan.

Menurut Kasi Penagihan dan Pendapatan Samsat Depok, H. E Iwa Sudrajat. Layanan samling hanya dikhususkan melayani perpanjangan STNK satu tahun dan keterlambatan kurang dari satu tahun. Sedangkan untuk perpanjangan STNK lima tahunan dan balik nama, masyarakat harus ke Samsat induk .

"Layanan samling bertujuan untuk mendekatkan dan memberi kemudahan layanan kepada masyarakat."ujar Iwa saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (21/10)
Iwa menegaskan pelayanan di bus samling akan jauh lebih cepat dibandingkan jika wajib pajak harus datang ke Kantor Samsat. "Proses perpanjangan di Samsat Keliling lebih cepat dan bisa selesai dalam waktu 10 menit," katanya.

Dikatakan Iwa, program ini merupakan salah satu wujud atas keinginan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan Samsat secara mobile. Keberadaan Samsat Keliling akan memberikan manfaat bagi wajib pajak (WP) yaitu hemat waktu, hemat biaya dan tenaga, serta merangsang masyarakat untuk tumbuh kesadaran dalam membayar pajak kendaraan yang akhirnya bermanfaat bagi peningkatan PAD.

Untuk mendapatkan layanan Samling,  kata Iwa, ada beberapa persyaratan yang harus di lampirkan oleh wp seperti identitas asli berupa KTP. STNK, bukti pelunasan PKB/ BBNKB dan SWDKLLK tahun terakhir, serta BPKB."Persyaratan tersebut mutlak harus disiapkan wajib pajak,"tandasnya.

Rizal salah satu pengunjung Samling mengakui bahwa proses perpanjangan STNK melalui samling sangat cepat dan tidak bertele-tele. Karena itu, ia berharap layanan bus samling ini bisa menjangkau seluruh wilayah di Kota Depok dan memiliki jadwal yang jelas.”Layanan bus Samling ini akan dirasakan manfaatnya jika bisa menjangkau seluruh wilayah Depok. Harusnya  bus ini keliling sehingga masyarakat akan mengetahuinya.”katanya.(ndi)