Bina Siswa, Warga Minta Pemkot MoU Dengan UI

Ratujaya | Depok Terkini

Warga Ratujaya, kelurahan Cipayung meminta agar Pemerintah Kota Depok bisa bekerjasama dengan pihak Universitas Indonesia guna melakukan pembinaan kepada siswa sekolah menengah atas (SMA). Hal itu diungkapkan Junaidi kepada Wakil Walikota Depok Muhammad Idris dalam acara dialog dengan warga di wilayah Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung, Minggu (1/11).

"Untuk mewujudkan visi misi Depok unggul, pemerintah harus kerjasama dengan UI untuk membina siswa SMA, sehingga anak-anak kita bisa meneruskan pendidikan di UI,"tegas Junaidi dihadapan puluhan warga lainnya.

Menurut dia, selama ini kita hanya sebagai penonton dengan keberadaan UI di Depok. Karena itu, perlu ada pembinaan dari para dosen UI sehingga siswa Depok bisa melanjutkan kuliah di UI.

"Anak-anak kita jangan jadi penonton saja, harus bisa kuliah di UI,"ungkapnya.

Menjawab pertanyaan tersebut, Idris menegaskan bahwa selama ini pemerintah kota telah bekerjasama dengan UI sejak tahun 2008. Kemudian tahun 2011 dipersempit lagi dengan kerjasama antar fakultas. Namun, kata Idris, Mou dengan UI itu hanya pada klausul terkait kesehjateraan masyarakat. Seperti penanganan usia lanjut, dan bimbingan tekait UPS dan Bank sampah  kerjasama dengan fakultas kesehatan UI.

"Usulannya sangat strategis terkait kerjasama bimbingan masuk UI bagi anak-anak Depok. Kita akan coba komunikasikan dengan UI, kalau perlu kita minta jatah misalkan tiga persen bisa masuk UI bagi anak Depok. Namun tetap harus pakai standar nasional,"terang Idris.

 Ia menjelaskan, pemerintah kota juga sudah membuat program anak berprestasi dengan target 100 siswa bisa masuk perguruan tinggi negeri tanpa tes. Dari target 100 siswa, baru 89 siswa yang masuk perguruan tinggi negeri."Sesuai RPJMD target itu hampir terpenuhi,"tandas Idris.(ndi)