200 Koperasi Diminta Gelar RAT

Margonda | Depok Terkini

Ketua Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Depok, H Teguh Prajitno mendorong 200 koperasi yang belum menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) untuk segera menggelar RAT sebelum Mei 2016.

“Data kami saat ini ada sekitar 300 koperasi yang benar-benar aktif di Kota Depok. Hanya saja, yang baru menggelar RAT baru 100 koperasi. Dari itu, kami mendorong agar 200 koperasi yang belum menggelar RAT untuk segera melakukan itu,” ujar Teguh kepada Jurnal Depok, Kamis (28/1).

Ia menambahkan, meskipun batas RAT dapat dilakukan di bulan Mei, namun Teguh berharap pada Maret nanti koperasi yang ada telah menggelar RAT, dengan begitu akan mendapat nilai maksimal.

Lebih lanjut ia mengatakan, RAT penting dilakukan agar terjadi transparansi dalam pengelolaan. Selain itu diharapkan manajemennya tidak salah urus.

“80 persen koperasi tidak maju dikarenakan persoalan manajemen internal, faktor eksternal itu 20 persen. Mengelola koperasi itu harus berangkat dari kejujuran agar mendapat kebaikan sehingga koperasi dapat sehat dan mandiri,” paparnya.

Pernyataan tersebut diungkapkan Teguh pada saat menggelar sosialisasi Pokja pemberdayaan koperasi serta pembinaan koperasi se Kota Depok di aula Balaikota Depok. Wakil Ketua Dekopinda, Mukhlas mengungkapkan bahwa pihaknya melibatkan 100 peserta dalam acara tersebut.

“Kami melibatkan 63 Kasi Ekbangsos tingkat kelurahan, 11 Kasi Ekbangsos tingkat kecamatan, ditambah 11 korwil Dekopinda Kota Depok, 10 jajaran Dekopinda Kota Depok dan lima perwakilan dari DKUP Kota Depok,” tandasnya.

Dalam acara itu narasumber yang dihadirkan dari Dekopinda, DKUP dan perwakilan Korwil.(rt)