Kodim 0508/Depok Data Warga Eks Gafatar di Asal Depok

Cimanggis | Depok Terkini

Kodim 0508/Depok menerjunkan sebanyak 30 personil guna mengawal kedatangan dan pemulangan warga eks Gafatar di tempat penampungan Taman Wiladatika, Cibubur, Depok, Rabu (27/1).

Jumlah warga eks Gafatar yang ada di penampungan secara keseluruhan sebanyak 677 orang, dan masih dalam pendataan."Dari hasil pendataan, jumlah warga eks Gafatar ada 28 orang, mereka berasal dari kecamatan yang berbeda. Kami hanya memfasilitasi membantu Kemensos karena tempat penampungan di Cipayung sudah penuh dan ditampung di Cibubur,"ujar Komandan Kodim 0508/Depok Letkol Inf Santosa di lokasi penampungan.

Dikatakan, hingga saat ini pendataan masih terus dilakukan sebelum warga asal Depok dipulangkan ke wilayah masing-masing."28 warga Depok yang terdata terdiri dari beberapa keluarga dan masih di tempat penampungan. Setelah ditampung dikembalikan diantar ke wilayah masing-masing. Tergantung yang  menjemput. Masalah rehabilitasi nanti akan diserahkan ke Dinsos,” ungkapnya.

Dandim menambahkan, kewenangan sepenuhnya ditanggung kementerian sosial. Sedangkan Dinas Sosial Kota Depok ikut mendata dan membantu pemulangan warga eks Gafatar ke pihak keluarga.

Dari data yang diperoleh, 677 eks Gafatar tersebut merupakan warga DKI 224 orang, Kepri 6 orang, Lampung 5 orang, Riau 116 orang, Jateng 18 orang, Palembang 28 orang, dan Jawa Barat 264 orang.(ndi)