Pemkot Depok Gelar Program Pertukaran Pemuda Antar Negara

Margonda | Depok Terkini

Pemerintah Kota Depok mengadakan program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) untuk tingkat Provinsi Jawa Barat.

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Mulyamto melalui Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga, Suhadi mengatakan, bahwa Depok telah mengikuti beberapa tahapan seleksi. Dari semula 15 orang yang mendaftar dan dinayatakan lulus delapan orang.

“Delapan orang ini kami kirim ke Jawa Barat, mereka berkompetisi dari beberapa kabupaten kota yang ada di Jawa Barat. Alhamdulillah, untuk Depok dari delapan lulus empat orang. Apabila empat orang ini lulus seleksi lagi, maka mereka akan dikirim ke enam Negara,” ujar Suhadi, Kamis (14/4).

Ia menjelaskan, bahwa nanti Negara yang menjadi tujuan dari PPAN di antaranya Australia, China, India, Korea, Kanada dan Jepang. Dirinya berharap dan memohon doa restu kepada masyarakat agar empat orang perwakilan Depok dapat lulus.

“Nantinya mereka akan mewakili Kota Depok dan memperkenalakan segela jenis kesenian dan budaya yang ada di Depok di Negara tujuan mereka. Mereka bisa dikatakan duta pariwisata yang ditugaskan untuk memperkenalkan itu,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa para peserta yang ikut seleksi tersebut selain memiliki ilmu pengetahuan umum yang mumpuni, juga memiliki keahlian tertentu seperti menari dan lainnya. Dikatakannya, jika perwakilan Depok tersebut lulus maka biaya akomodasi dan lainnya akan dibiayai oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga.

“Keberangkatan mereka rencananya pada Agustus mendatang, sebelum berangkat mereka akan dikarantina terlebih dahulu dengan teman-teman mereka yang berasal dari seluruh Indonesia, nanti berangkatnya bareng,” katanya.

Dengan adanya program tersebut, Suhadi berharap perwakilan dari Depok dapat mengangkat nama Kota Depok di luar negeri.

Salah seorang peserta PPAN, Dwi Nia Emil mengaku senang dan bangga bisa mengikuti program tersebut. Pasalnya, seleksi yang cukup ketat di tingkat provinsi telah dilaluinya dengan baik.

“Ada beberapa kesenian dan kebudayaan yang dimiliki Depok, nanti akan kami perkenalkan itu. Selain itu Depok juga memiliki ikon Belimbing. Untuk tariannya nanti akan menggunakan Tari Merak dari Jawa Barat, kemungkinan kami akan menarikan itu pada saat berada di luar negeri,” ungkapnya.

Empat orang yang telah dinyatakan lulus di tingkat Provinsi Jawa Barat di antaranya Dameria Anisa (IPB), Anisa Dini (UI), Muhammad Fadil (ITB) dan Dwi Nia Emil (UI).(rt)



Posting Komentar

0 Komentar