Zakat Warga Depok Rp.16,3 Milliar

Balaikota | Depok Terkini

Berdasarkan laporan sementara dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Depok menyebutkan jumlah zakat, zakat mal, dan infaq warga Depok pada hari raya tahun 2016 ini sebesar Rp.16,3 milyar. Padahal prediksi potensi zakat warga Depok secara keseluruhan bisa mencapai Rp.49.6 milliar.

"Mudah-mudahan potensi itu bisa terwujud. Terima kasih kepada seluruh warga Depok yang telah menyalurkan zakatnya,"ujar Ketua Panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Pemerintah Kota Depok, Eka Bachtiar sebelum sholat ied di masjid Balaikota Depok, Rabu (6/7).

Selain itu, panitia pelaksana fasilitasi PHBI, juga telah menyelenggarakan rangkaian kegiatan selama bulan Ramadhan. Diantaranya menyelenggarakan Tarhib Ramadhan, tasyakuran, safari ramadhan dirangkai pemberian bantuan untuk masjid, tausyiah ramadhan, buka puasa bersama, pemberian iftor di masjid balaikota, iftikaf, pemberian santunan 1300 yatim, dan sholat idhul fitri.

Walikota Depok Mohammad Idris dalam tausyiahnya mengatakan zakat sejatinya tidak hanya mampu membersihkan jiwa dan harta muzaki, tetapi mampu mengentaskan kemiskinan di sebuah negara. Jika zakat tidak mampu menyelesaikan persoalan kesehjateraan masyarakat, maka yang terjadi adalah munculnya masyarakat yang pra sejahtera,

"Tindakan kriminal bisa terjadi dengan alasan untuk memenuhi kebutuhan. bahkan yang lebih dasyat lagi kemiskinan bisa membawa kekafiran,"ungkap Idris.

Sementara itu, Wakil walikota Depok Pradi Supriatna mengajak warga untuk tetap menjaga kerukunan antar umat beragama, dan jangan sampai terprovokasi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab."marilah senantiasa kita menjaga kerukunan antar umat beragama, kita tunjukkan pada dunia bahwa umat Islam adalah cinta damai,"tandas Pradi.(ndi)


Posting Komentar

0 Komentar