HUT RI Ke-71, Warga Depok Diimbau Pasang Bendera Merah Putih

Balaikota | Depok Terkini

Pemerintah Kota Depok melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Kota Depok untuk mengibarkan bendera merah putih dan umbul umbul di setiap rumah masing-masing. Pemasangan bendera dan atribut ini dilakukan untuk menghidupkan suasana HUT ke-71 Republik Indonesia, serta sebagai bentuk apresiasi dan kebanggaan atas kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Seluruh warga Depok tanpa kecuali, dan merasa warga Indonesia diimbau memasang bendera merah putih minimal sejak 12 hingga 22 Agustus 2016. Imbauan ini bukan hanya untuk merayakan hari
kemerdekaan saja, tapi memang karena bentuk nasionalisme sebagai warga negara yang baik."ujar
Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok, Taufan Abdul fatah kepada usai menggelar Rapat Koordinasi dengan anggota Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK)di Balaikota Depok, Senin (9/8).

Menurut Taufan, selain pemasangan bendera, masyarakat diimbau juga memeriahkan HUT RI dengan menghias rumah, kantor dan lingkungan dengan nuansa merah putih. Hal ini dimaksudkan agar tertanam semangat dan jiwa kemerdekaan kepada warga Depok.

"Semangat dan jiwa kemerdekaan itu sebagai simbol  untuk memeriahkan HUT RI. Selain menghias, warga juga bisa menggelar berbagai perlombaan untuk mengisi semangat perjuangan, seperti lomba membaca puisi, dan menyanyikan lagu kebangsaan atau lagu wajib, "tuturnya.

Taufan menambahkan, pihaknya tidak segan-segan menghimbau masyarakat untuk membangun semangat perjuangan dalam upaya menumbuhkan rasa cinta tanah air."Kesbangpol sangat berkepentingan untuk mengingatkan seluruh warga Depok. Kami tidak segan-segan mengimbau baik ke sekolah, perkantoran, pertokoan dan pusat bisnis agar memasang bendera merah putih untuk memeriahkan HUT RI,"tandas Taufan.

Terkait banyaknya permintaan masyarakat untuk menggelar upacara peringatan HUT RI di setiap
wilayah, Taufan menilai hal itu sangat positif karena masyarakat punya inisiatif untuk melaksanakan upacara bendera tersedendiri di wilayahnya masing-masing.

"Tentunya hal ini harus dikoordinasikan dengan Panitia HUT RI tingkat Kota Depok. Bisa saja masyarakat menginginkan para Lurah dan Camat dilibatkan dalam upacara. Semakin banyak warga yang terlibat dalam memeriahkan HUT RI maka semakin baik. Camat dan Lurah sebaiknya proaktif,"tutup Taufan.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar