32 Peserta Meriahkan Fesival Perahu Naga

Pancoran Mas, Depok Terkini

Sedikitnya 32 peserta dari berbagai daerah ikut memeriahkan Festival Perahu Naga kedua yang digelar Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Kota Depok di Setu Rawa Besar, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Depok, Sabtu (19/11).

Menurut Ketua Koni Kota Depok Amri Yusra. Festival ini diselenggarakan untuk menggemakan olahraga dayung kepada masyarakat Depok."lomba ini sifatnya belum untuk prestasi, tapi untuk mendemamkan masyarakat terhadap olahraga dayung,"jelas Amri.

Ketua Pengurus cabang Dayung, Sariyo Sabani mengatakan festival ini digelar selain sebagai ajang memperkenalkan olahraga dayung, juga untuk memanfaatkan potensi setu yang ada di Kota Depok.

"Rata rata setiap setu ada keluhan  banyak sampah dan jumlah setu semakin menyusut. karena itu kita ikut bertanggung jawab menjaga situ dengan memanfaatkan situ lomba dayung,"ujar Sariyo.

Selama ini, lanjutnya, latihan dayung dilaksanakan di wilayah Bogor karena keterbatasan sarana dan fasilitas yang ada di Depok. Padahal atlit kita sudah menyumbangkan prestasi nasional dan internasional, seperti asean games." Kita ingin bangkitkan olahraga dayung di Depok. Ternayta antusias masyarakat cukup tinggi terhadap dayung,"ungkapnya.

Ditambahkan Sariyo, beberapa sekolah juga telah mewajibkan olahraga dayung sebagai kegiatan wajib ektra kurikuler sekolah."Kita berharap dari tingkatan siswa tersebut, lahir atlit dayung yang bisa mengharumkan Depok di forum Internasional."harap Sariyo.

Wakil Ketua DPRD Kota Depok Yeti wulandari memberikan apresiasi atas terselenggaranya lomba perahu naga sekaligus untuk memberdayakan setu yang ada di Depok."Depok hanya memiliki sumber daya alam berupa setu, karena itu keberadaannya harus dimaksimalkan. Mudah-mudahan tahun depan ajang ini menjadi ajang nasional," tegas Yeti

Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna mengatakan, semoga festival ini dapat memberikan semangat olahraga di masyarakat khususnya olahraga dayung sehingga memberikan manfaat kesehatan bagi warga Depok.

Menurut Pradi, festival perahun naga merupakan warisan Tiongkok yang menjadi ivent internasional. Saat ini Pemkot Depok berupaya mengembangkan olahraga ini, sehingga diharapkan lomba ini dapat menjadi ajang tahunan dan bisa dilestarikan.

"Saya berharap para peserta lomba dapat menjaga sportivitas dan kejujuran dalam bertanding. Mari kita jaga citra kota Depok sebagai kota yang memegang nilai nilai kejujuran dalam meraih prestasi,"tandas Pradi.(Dms)

Post a Comment