Dadan Gunawan Jabat Kanim Depok

Balaikota, Depok Terkini

Jabatan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Kota Depok di serahterimakan dari Dudi Iskandar kepada
Dadan Gunawan, Rabu (11/1). Sertijab yang dilaksanakan di aula Teratai Balaikota Depok dihadiri
Walikota Depok Mohammad Idris, Wakil Walikota Pradi Supriatna, Kakanwil Kemenkumham Provinsi Jabar Susi Susilowati, Dandim 0508/Depok Letkol Inf Slamet Supriyanto, para kepala OPd dan seluruh jajaran pegawai Kanim Depok.

Dadan Gunawan selaku Kanim Kelas II Depok dalam kesempatan itu meminta dukungan dalam mengemban dan tugas di kantor Imigrasi Depok." Kami mohon diterima oleh seluruh stakehoulder baik instansi vertikal maupun di jajaran Pemerintah Kota Depok. Kami perlu dukungan demi kelancaran dalam mengemban tugas,"pinta Dadan.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham provinsi Jabar, Susi Susilowati mengatakan, mutasi promosi
jabatan pasti terjadi di lingkungan aparatur sipil negara (ASN), termasuk di Kantor Imigrasi
Depok. Imigrasi sebelumnya hanya melayani pembuatan paspor, namun sejalan perkembangan tugas dan kinerjanya bertambah dengan melakukan pengawasan orang asing.

"Terjadi peningkatan tugas di Imigrasi, jadi selain melayani paspor, kita harus kerja keras mengawasi sepak terjang orang asing di Indonesia, baik yang legal maupun ilegal,"ujar Susi.

Karena itu, Imigrasi tidak bisa berdiri sendiri karena keterbatasan sumber daya manusia yang dimilikinya. Maka dibentuklah tim pengawasan orang asing (Timpora). Depok sudah memiliki sebanyak 11 timpora. Khusus Jabar sebanyak 214 timpora. Jumlah ini terbanyak di Indonesia,"terangnya.

Menurut Susi, wilayah Jawa Barat nampaknya menjadi tempat favorit untuk turis lokal maupun
mancanegara. kalau hanya sekedar turis saja tidak menjadi masalah, tapi kemudian bisa saja
kenyamanan di jawa Barat dimanfaatkan turis asing yang tidak bertanggung jawab dan tidak memiliki dokumen resmi,"ungkapnya.

Susi meyakini kanim Depok yang baru dapat menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan
pengalamannya selama bekerja di kemenkumham."Pak Dadang bukan orang baru di Imigrasi diharapkan dapat melengkapi tugas di kantor Imigrasi khususnya di Jawa Barat. Kami yakin pak Dadang bisa berprestasi lagi dari sebelumnya."harap Susi.

Walikota Depok Mohammad Idris mengatakan bahwa di Kota Depok telah terbentuk Timpora hingga di tingkat kecamatan."Terima kasih atas kerjasamanya selama ini.

 Melalui Medsos berita Depok sempat mendunia bahwa kita mendapatkan penghargaan dalam bidang pengawasan orang asing sampai di kecamatan. Depok mendapat penghargaan dari Menkumham,"tandas Idris.

Menurut Idris, sinergitas kolaborasi dalam kerja pemerintah daerah sangat menentukan pembangunan di tingkat nasional. karena itu pemkot Depok berterima kasih atas kerjasama dengan kemenkumham dan seluruh unsur forkopimda.

"Saya minta seluruh unsur kecamatan untuk terus meningkatkan pengawasan terhadap orang asing. Kita juga sedang merevisi Perda tentang keberadaan apartemen untuk pengawasan orang asing,"tandas Idris.

Dudi Iskandar selanjutnya dipromosikan sebagai Kasubdit penyidikan orang asing di Kemenkumham.(ndi)


Posting Komentar

0 Komentar