Ayodya Pala Siapkan Pelatih Tari Berkompeten

Balaikota, Depok Terkini

Dalam upaya menciptakan sumber daya manusia yang bekualitas di bidang pelatih tari, Sanggar Ayodya Pala menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Calon Pelatih Tari Tingkat Dasar tahun 2017 selama 20 hari. Diklat yang diikuti sedikitnya 64 peserta dari berbagai kecamatan itu diawali dengan pembekalan selama empat hari di Gedung Dibaleka Balaikota Depok Minggu hingga Rabu (6-10/2/2017).

"Para peserta harus menempuh diklat selama 150 jam. Mereka juga dibekali pengetahuan tentang kurikulum dan wawasan wiyata ayodya pala, leadership dan entepreneurship, metode mengajar dan menyusun gerak tari, kepribadian dan wawasan kebangsaan, serta kearifan lokal," ujar Pimpinan, Sanggar Ayodya Pala Art Center, Budi Agustinah disela Simulasi Penutupan Diklat Calon Pelatih Tari tingkat Dasar di Balaikota Depok.

Dikatakannya, saat ini pemerintah pusat telah mempersiapkan uji kompetensi bagi pelatih tari seperti bidang lainnya yaitu tata rias pengantin, tata boga, busana, akupuntur dan lainnya. Karena itu, ayodya pala berinisiatif dan telah melaksanakan uji kompetensi pada tahun 2010. Hal itu dilakukan karena permintaan pelatih tari dari ayodya pala semakin banyak baik di dalam maupun luar negeri.

"Ayodya pala sudah lengkap, setiap pelatih tari pasti bisa modelling, memainkan alat musik tradisional dan berbahasa inggris. Termasuk atituted,"ungkap wanita yang akrab disapa Etin ini.

Sementara itu, Walikota Depok Mohammad Idris yang hadir dalam diklat tersebut mengatakan, Pemerintah mendukung dan peduli terhadap uapaya pelestarian budaya lewat dengan memberikan fasilitas pusat kegiatan seni dan budaya. Rencana pembangunan fasilitas tersebut sangat penting karena banyaknya masyarakat Depok aktif dalam mengembangkan kebudayaan nusantara. Seperti tarian, musik dan alat tradisional.

"Banyak warga Depok yang melestarikan budaya, ayodya pala telah mengembangkan tarian nusantara. Ini menjadi salah satu dorongan untuk memberikan fasilitas untuk mereka," tegas Idris.

Menurut Walikota, pengembangan kebudayaan juga termasuk salah satu program mendukung pembangunan di Kota Depok. Selain itu juga menjadi komponen penting dalam menjadikan Depok yang unggul.

"Unggulnya wilayah tidak hanya diukur dari satu atau dua bidang saja, melainkan dengan berbagai bidang termasuk seni dan budaya. Ayodya pala juga telah mengharumkan nama Kota Depok hingga ke mancanegara,"tandas idris.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar