Pemkot Siapkan Perda Lanjut Usia

Balaikota, Depok Terkini

Walikota Depok Mohammad Idris mengatakan Pemerintah Kota Depok tengah menyiapkan peraturan daerah (Perda) dalam rangka memfasilitasi warga lanjut usia (lansia). Hal itu ditegaskan Walikota saat menghadiri Musyawarah Cabang persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Kota Depok di ruang edelweis Balaikota Depok, Senin (20/2/2017).

"Insya Allah, Tahun ini telah kita agendakan rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang lanjut usia. Perda lansia akan segera dibahas sehingga bisa dijadikan bahan untuk meningkatkan kegiatan para lansia yang tangguh,"ujar idris.

Selama ini, kata Idris, PWRI telah mengadakan berbagai kegiatan strategis meskipun dilaksanakan oleh para orang tua."Meskipun dengan keterbatasan tenaga dan dana, kegiatan PWRI sangat luar biasa dan berjalan dengan baik hingga tingkat Jawa Barat. Keterbatasan ini merupakan ujian dari Allah,"Jelas Walikota.

Idris meyakini melalui organisasi seperti PWRI, pembangunan di Kota Depok dapat berjalan dengan baik dan efektif."Perjuangan dan pengorbanan anggota PWRI sangat luar biasa. Ini bisa memberikan nuansa semangat pada kami khususnya pemerintah Kota Depok untuk bisa bersinergi dengan para lansia,"pungkas Idris.

Sementara itu, Ketua PWRI Kota Depok Sofyan Sauri yang juga mantan Walikota Depok menuturkan banyak kegiatan PWRI yang sifatnya membantu pemerintah Depok dan masyarakat diantaranya pembentukan bank sampah di wilayah Beji."Kita bantu program Pemkot Depok dengan membangun bank sampah. Sudah berjalan dan baru satu,"katanya.

Selain itu, lanjut Sofyan, PWRI juga memberikan bantuan fasilitas bagi anggota PWRI yang memiliki keterbatasan (penyandang cacat), yaitu berupa kursi roda.  Bagi anggota yang memiliki usaha, kita gulirkan bantuan dana dari koperasi sebesar Rp.500 ribu perorang.

"Koperasi kita kerjasama dengan Saung Kadeudeuh, kita dapat Rp.5 juta dan disalurkan ke anggota dengan tambahan modal dari kita sehingga bantuan menjadi Rp.1.000.000 perorang. Dana ini khusus untuk pensiunan golongan kecil dan peserta PWRI. Hingga saat ini anggota kami sebanyak 1542 orang,"tandasnya.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar