7000 ASN Depok Wajib Setor Zakat ke Baznas

Sukmajaya, Depok Terkini

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Depok mewajibkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Depok menyetorkan zakatnya melalui Unit Pengelolaan zakat (UPZ) yang dibentuk Baznas di setiap dinas dan kecamatan.

"Kita telah bentuk UPZ di setiap dinas dan kecamatan, dan saat ini kita undang dan ingatkan setiap UPZ untuk menyatukan konsep zakat,"kata Asisten Hukum dan Sosial Pemkot Depok Sri Utomo mewakili Walikota Depok Mohammad Idris usai membuka bimbingan teknis fasilitas pengelolaan zakat, infaq, shodaqoh dan wakaf di Gedung Graha Insan Cita, Sukmajaya, Depok, Selasa (7/3).

Lebih lanjut Sri Utomo mengatakan bahwa zakat itu bukan hanya zakat fitrah saja, banyak zakat yang belum tersalurkan seperti zakat emas, perak dan pertanian. Karena itu, keberadaan Baznas di pemerintahan akan menampung zakat dari seluruh ASN di lingkup Pemkot Depok. Namun demikian, Sri Utomo meminta Baznas  harus terbuka dalam mengumpulkan, mengelola dan menyalurkan zakat kepada mustahiknya.

"UPZ harus akhtif mengumpulkan zakat dari ASN dan menyetorkannya ke Baznas. Mudah-mudahan zakat yang terkumpul bisa lebih meningkat lagi,"harap Sri Utomo.

Ditempat yang sama, Kabag Sosial Sekda Pemkot Depok, Marjaya menambahkan, Baznas mulai membidik dan menggalang zakat dari seluruh ASN Pemkot Depok yaitu zakat mal dan infaq.

"ASN Depok sebanyak 7000, kalau zakat ASN dikelola dengan baik saya yakin kesehjateraan masyarakat bisa dibantu, seperti merehab rumah tidak layak huni, dan pendidikan. Semua bisa diambil dari zakat itu,"jelas Marjaya.

Ia mencontohkan, kalau setiap ASN menyetorkan zakat dan infaqnya Rp.50.000  maka rata-rata setiap bulan akan terkumpul sekitar Rp.350.000.000. Saat ini kita sedang sosialisasikan ke setiap UPZ untuk bisa mengumpulkan zakat dari ASN dan menyalurkannya ke Baznas Kota Depok.

"Saya minta Baznas transparan dalam mengelola dana yang terkumpul dari zakat ASN. Laporkan dana yang terkumpul ke publik. Mudah-mudahan kalau dikelola secara transparan, jujur dan amanah, saya yakin warga Depok bisa sejahtera," ungkas Marjaya.

Selain sosialisasi, Ketua Baznas Kota Depok Encep Hidayat juga melantik puluhan pengurus UPZ dari seluruh dinas dan kecamatan di lingkungan Pemkot Depok.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar