Depok Raih Dua Penghargaan APN Sekaligus

Balaikota, Depok Terkini 

Kota Depok kembali meraih Penghargaan Anugrah Pangripta Nusantara (APN) 2017 tingkat kabupaten/Kota tahun 2017 untuk kali ketiga. Kota Depok meraih dua penghargaan sekaligus yaitu peringkat I untuk dokumen perencanaan terbaik pertama tingkat provinsi Jawa Barat.

Sedangkan inovasi peringkat III terbaik tingkat provinsi Jabar untuk kategori kota dan kabupaten. Selain Kota Depok, Kota Bandung dan Garut juga mendapatkan penghargaan yang sama.

Menurut Walikota Depok Mohammad Idris diraihnya APN tersebut karena dalam menyusun perencanaan pembangunan Kota Depok tidak keluar dari arahan dari pusat dan kajian akademis.

"Kita menyertakan pakar-pakar akedemisi untuk membuat perencanaan pembangunan dan disesuaikan dengan arahan dari pusat. Jadi dokumen perencanaan kita harus sesuai dengan dokumen perencanaan pembangunan nasional, baik secara umum maupun pertahunnya. Dengan kesesuaian itulah Depok mendapatkan APN, "ujar Idris didampingi Kepala Bappeda Kota Depok, Hardiono usai apel pagi di Balaikota Depok, Senin (17/04/2017).

Idris menjelaskan untuk inovasi terbaik, kita menggunakan sistem online satu data dari semua dinas di lingkungan pemerintah Kota Depok."Jadi tidak menerima dokumen yang sifatnya kertas secara langsung, tetapi input melalui online dari semua dinas,"jelasnya.

Selanjutnya inovasi tersebut juga berbasis pada riset UI dan geopasial (pemetaan) serta pelayanan sistem online di RSUD.

"Kalau merasa puas, ya kita ga boleh puas. Kita jangan terlena dengan prestasi ini, karena masih ada yang harus ditingkatkan yaitu laporan kinerja (lakip),"tandasnya.

Karena itu, apa yang menjadi catatan kesesuaian antara perencanaan dan implementasi seringkali bermasalah sehingga nilai lakip kita masih berada di posisi CC."Kita targetkan tahun ini bisa meningkat menjadi B, syukur -syukur jadi BB. Kita masih dibawah kota lain,"tandasnya.(ndi)

No comments:

Post a Comment