Depicta 2017 Sebuah Keniscayaan Menuju Kota Cerdas

Margonda, Depok Terkini

Sedikitnya puluhan peserta antusias mengikuti Depok ICT Award yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok tahun 2017 di pusat perbelanjaan Depok mall, Minggu (14/05/2017).

Depicta 2017 merupakan keseriusan Diskominfo Kota Depok dalam mengawal Depok Cyber City dimana memberi ruang untuk kemajuan terkonologi serta informasi dalam upaya mendukung pelayanan masyarakat di Kota Depok.

Menurut Kepala Seksi Tata Kelola Teknologi Informasi Diskominfo Kota Depok, Rusdiyanto. Depicta kali ini menampilkan berbagai hasil karya teknologi, Informasi dan Komunikasi yang berasal dari sekolah SMA/SMK, perguruan tinggi, komunitas, serta masyarakat umum. Selain itu, ada juga pameran berupa karya aplikasi, animasi serta penemuan-penemuan masyarakat Depok dalam bidang TIK.

“Depicta 2017 ini adalah wadah untuk memberikan apresiasi atas karya yang mereka buat agar dikenal oleh masyarakat luas. Diskominfo Depok juga memberikan penghargaan kepada lembaga maupun siapa saja yang berprestasi di Depok, khususnya di bidang TIK,” ungkap pria yang akrab disapa Anto disela penutupan Depicta 2017 dan peluncuran e-PBB.

Selain lomba memperebutkan hadiah dengan total puluhan juta rupiah, lanjut Anto, juga digelar talkshow dengan menghadirkan narasumber yang kredibilitas di bidang TIK.

“Intinya kami ingin semua masyarakat dapat hidup lebih mudah dengan memanfaatkan teknologi, tentunya dalam ranah yang positif,” pungkasnya.

Walikota Depok Mohammad Idris dalam kesempatan itu mengatakan, semangat dan antusias sangat tinggi dalam lomba Depicta ini, ada dari siswa SMK, mahasiswa serta komunitas IT.

"Saya melihat antusias sangat tinggi dan ketika Kota Depok ingin menjadi kota cerdas (smart city), maka ini merupakan sebuah keniscayaan karena memang warga Depok cerdas-cerdas,"ujar Idris.

Walikota juga memberikan support setinggi-tinggi kepada Diskominfo, bahkan ia siap memberikan tempat atau ruang sebagai sarana berkumpul dan bertukar pikiran bagi para pecinta IT. Dalam kesempatan itu, Idris berpesan bahwa dalam pembangunan Kota Depok ini harus saling berkolaborasi dan bisa merealisasi apa yang dikenal dengan triple helix, yaitu sinergi dan penyatuan tiga kalangan yang terdiri dari kalangan akademik, bisnis atau pengusaha dan pemerintah.

" Saya optimis smart city di Kota Depok akan terwujud dan insya Allah Kota Depok masuk dalam nominasi Kota cerdas,"harap Idris.

Bagi pemenang Depicta tahun 2017 ini, Idris berjanji akan menindak lanjuti kepada para perusahaan di Kota Depok agar bisa bekerjasama dengan pemerintah Kota Depok.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar