Sumber Daya Manusia Kekuatan Ekonomi Depok

Margonda, Depok Terkini

Walikota Depok Mohammad Idris membuka festival kuliner 2017 yang digelar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Depok di Halaman parkir Ace Hardware Jalan Margonda Raya, Kelurahan Kemiri Muka, Kecamatan Beji, Depok, Sabtu (13/05/2017).

Selain festival kuliner juga diadakan pesta 1080 nasi uduk sekaligus talk show yang mengambil tema "Peran nasi uduk dalam membangun komunal brand"

Usai meresmikan festival kuliner yang ditandai dengan pemukulan bedug, Walikota menjelaskan, festival kuliner dan lomba nasi uduk ini merupakan bukti dari ungkapan bahwa kota Depok memiliki kekuatan pada sumber daya manusia. Artinya kemajuan dan kejayaan Kota Depok itu berada di tangan sumber daya manusianya.

"Dengan kekuatan sumber daya manusia kita bisa memajukan perekonomian di Depok, berdasarkan survey kenaikan Pdrb kita di dorong dari pelaku usaha kecil menengah (UKM) yaitu sekitar 65 persen,"ujar Idris didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kota Depok, Kafrawi.

Menurut Idris, acara produk kuliner dan fashion merupakan tingkat tertinggi di Kota Depok dari sembilan unsur produk UKM yang ada.

Terkait lomba nasi uduk, Idris menjelaskan bahwa nasi uduk merupakan makanan khas betawi termasuk Depok, Karena itu diadakan lomba pembuatan nasi uduk agar bisa menerima masukan terkait ciri khas nasi uduk Depok seperti apa, "Nasi uduk Depok itu seperti apa rasanya, misalnya karena banyak santan atau ada semur jengkolnya, jadi kita masih mencari identitas,"

Menurutnya, kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk janji kampanye pemerintah Depok saat ini yaitu menghidupkan ggeliat dari UMKM Depok. Karena itu, kita kerjasama dengan para pelaku usaha di Depok untuk menyiapkan space sedikitnya dua persen dari luas pasar modern untuk UKM menjajakan produk industri kreatifnya. Kita juga akan siapkan kios permanen milik pemerintah yang rencananya menjadi satu dengan pembangunan alun alun kota.

Idris menargetkan dengan festival kuliner ini diharapkan dapat memelihara dan menjaga semangat hasil produk sekaligus juga sebagai silaturahim guna menambah wawasan dan pengetahuan.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar