US Selesai, Orang Tua Merasa Lega

Baktijaya, Depok Terkini

Sejumlah orang tua murid dan komite sekolah mengaku merasa lega setelah anak-anaknya mengikuti Ujian Nasional (US) tahun pelajaran 2016-2017 secara nasional yang dilaksanakan selama tiga hari (15-17 Mei), walau saat ini mereka juga masih harus mengikuti US yang berlangsung pada 18-20 Mei.

Demikian dikemukakan orang tua murid dan Ketua Komite Kelas VI A dan B SDN Mekarjaya 18, Euis Rosita dan Nuraini yang ditemui di halaman sekolah tersebut, Rabu (17/5). Hal itu dilakukan sebagai bentuk dukungan moril kepada putra putrinya saat mengikuti ujan akhir tersebut.

“Plong dah rasanya anak-anak udah beres mengikuti Ujian Nasional, tinggal kelanjutannya ujian sekolah. Tiga hari kita dampingi untuk memberikan dukungan, sehingga anak-anak semangat mengerjakan dan menjawab soal-soal ujian,” kata Nuraini yang juga didampingi Kepala SDN Mekarjaya 18 Rina Ruhdiana.

Menurut Nuraini, para orang tua bukan hanya mendampingi dan memberi dukungan moril saja, tetapi juga menyediakan makanan sarapan pagi berupa makanan ringan untuk 48 siswa kelas VI sebelum memasuki ruang ujian. Selanjutnya mereka mendapatkan makanan berupa nasi lengkap dengan lauk pauknya yang diberikan setelah selesai mengikuti ujian.

“Penyediaan makanan riangan dan nasi kotak semuanya dilakukan oleh orang tua murid secara bersama-sama, tidak melibatkan pihak sekolah. Ini semua inisiatif orang tua untuk mendukung anak-anaknya yang ikut ujian. Semuanya berjalan lancar dan aman,” pungkas Nuraini yang diamini Rina Ruhdiana.

Di bagian lain dua siswa kelas VI Dita Ester dan Bulan Yanti Iswara mengaku dapat mengerjakan dan menjawab semua soal-soal ujian mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

“Saya dapat menjawab semua soal ujian Matematika, Bahasa Indonesia dan IPA. Soal-soalnya cukup lumayan, ada yang mudah ada juga yang butuh pikiran. Semoga saya lulus dan nilainya bagus,” kata Bulan dan Dita.

Sementara itu Kepala SDN Kalibaru 3 Neng Yuhani juga mengaku merasa lega 161 siswanya sudah selesai mengikuti US secara nasional. Walaupun siswa-siswanya masih harus mengikuti US lokal yang dilaksanakan sekolah dengan materi ujian mata pelajaran Pendidikan Kewarga Negaraan (PKN), Agama, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Bahasa Sunda dan Bahasa Inggris.

“Mulai Kamis sampai Sabtu (18-20 Mei) seluruh siswa kelas VI masih mengikuti US. Diharapkan seluruh siswa mendapatkan nilai prestasi terbaik,” kata Neng yang juga mantan Kepala SDN Sukamaju 5 yang kini dgantikan oleh Surtini Hambali.

Di bagian lain, Kepala UPT Pendidikan TK/SD Kecamatan Tapos Ebeng Djajadi Sofhyan menambahkan, pelaksanaan US tahun 2016-2017 di wilayah kerja UPT Pendidikan TK/SD Kecamatan Cilodong berjalan lancar dan aman.

“US di Kecamatan Tapos diikuti 3.155 siswa kelas VI dari 42 SD negeri dan swasta. Alhamdulillah, selam tiga hari US berlangsung lancar dan aman,” kata Ebeng.(ash)

Posting Komentar

0 Komentar