Walikota Canangkan Gerakan BBGRM


Balaikota, Depok Terkini

Walikota Depok Mohammad Idris mencanangkan Gerakan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-14 dirangkai dengan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-45 tingkat Kota Depok di lantai 10, aula gedung Dibaleka, Depok, Selasa (22/08).

Pencanangan gerakan BBGRM bertujuan untuk melestarikan budaya gotong royong dan memperkuat persatuan sekaligus mengajak partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Selain itu, kegaitan Ini merupakan penyegaran kembali budaya gotong royong dalam kehidupan masyarakat.

"Diperlukan kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam gerakan BBGRM ini. Budaya gotong royong ini sangat melekat dengan budaya bangsa kita, untuk itu  kegiatan BBGRM  lebih dominan dilakukan di wilayah,"ujar Walikota didampingi Kepala Dinas PAPMK Kota Depok Eka Bachtiar dan Asisten Ekonomi Sri Utomo.

Dengan pencanangan BBGRM, diharapkan peran masyarakat dalam kehidupan gotong royong akan kembali tumbuh dalam jiwa mereka. Karena itu, kata Idris, yang paling berperan dalam gerakan ini adalah kecamatan dan kelurahan dibantu dengan tiga pilar, LPM, RW dan RT. Sedangkan bantuan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lebih kepada koordinasi terkait kegiatan yang dilakukan di wilayah tersebut. Misalkan adanya jembatan amblas, masyarakat bisa berkoordinasi dengan dinas untuk perbaikan jembatan tersebut.

Lebih lanjut Idris mengatakan bahwa peran PKK sangat jelas bagi Pemerintah Kota Depok, karena itu Pemerintah mendukung penuh kegiatan PKK melalui anggaran di Dinas PAPMK.

"Dinas PAPMK inilah motor penggerak kader kader PKK. Apa yang diinginkan kepala daerah dalam program RPJMD itulah yang akan dilakukan PKK. Ibu-ibu ini sangat luar biasa, mereka bekerja tanpa pamrih. Semuanya harus ikut gotong royong, termasuk dunia usaha dan DPRD,"ungkap Idris.

Idris berharap seluruh komponen masyarakat ikut memberikan perhatian dan dukungan terhadap kegiatan PKK. Lebih optimal lagi jika ada perhatian dari pemangku kepentingan dunia bisnis."Para pelaku usaha  bisa mempromosikan produknya lewat kegiatan PKK, dan ini mendapat penilaian dari pemerintah pusat terkait perusahaan yang peduli kepada lingkungan,"pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Depok Elly Farida mengatakan pencanangan BBGRM yang disandingkan dengan Kesatuan Gerak PKK ini diharapkan dapat menjadikan kekompakkan seluruh kader PKK Kota Depok. Dengan berbagai karya dan prestasinya, merupakan salah satu bukti bahwa PKK punya andil dalam sejarah dan kehidupan pembangunan di Kota Depok.

"Terima kasih atas kerjasama dan partisipasi dari semua unsur. Kegiatan PKK tak akan berhenti sampai disini, inovasi akan terus kami lakukan dan karya karya akan mengisi pembangunan di Kota Depok,"tandas Elly.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar