Pemkot Depok Kucurkan Dana Bantuan Posyandu dan Posbindu

Walikota menyherahkan dana bantuan untuk Posyandu
Balaikota, Depok Terkini

Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Keluarga (DPAPMK) mengucurkan dana penguatan pelaksanaan Posyandu dan Posbindu, Senin (27/11/2017).

Dana bantuan tersebut diberikan terhadap keberadaan 1015 Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan 704 Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu).

Menurut Kepala DPAPMK Kota Depok, Eka Bachtiar. Pemberian dana bantuan tersebut merupakan bentuk perhatian Pemkot terhadap kinerja Posyandu dan Posbindu sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan di tingkat dasar. Bantuan ini juga merupakan realisasi dari janji Walikota untuk memberikan bantuan operasional Posyandu dan Posbindu.

"Dana bantuan ini berasal dari APBD. Posyandu yang sebelumnya mendapatkan dana operasional sebesar Rp 3 juta, naik menjadi Rp 3,5 juta. Sedangkan Posbindu dari sebelumnya mendapat Rp 1,5 juta sekarang mendapatkan Rp 1,750 juta," ujar Eka Bachtiar di lantai 10 Gedung Dibaleka II, Balaikota Depok.
Eka juga mengatakan, dari dana yang diberikannya ini kader Posyandu maupun Posbindu bisa menggunakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari penyediaan Pemberian Makanan Tambahan (PMT), keperluan foto kopi, hingga uang perjalanan kader untuk kegiatan rapat, dan lain sebagainya.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, Pemkot Depok sangat serius dalam upaya peningkatan kapasitas kader Posyandu dan Posbindu. Guna mendukung hal tersebut, salah satu yang diupayakan yaitu adanya peningkatan besaran dana penguatan pelaksanaan Posyandu dan Posbindu di Kota Depok.

“Peningkatan besaran dana yang diberikan Pemkot Depok pada Posyandu, agar dapat dimanfaatkan Pokjanal Posyandu, Pokja Posyandu, maupun kader Posyandu itu sendiri dalam upaya peningkatan kemampuan dan pengetahuan kader,” terang Idris.

Idris juga berpesan kepada kader Posyandu dan Posbindu agar meningkatkan kinerjanya melayani masyarakat dengan tulus dan ikhlas untuk menjadikan Depok sebagai Smart Healthy City. Serta mengajak seluruh kader Posyandu dan Posbindu untuk dapat memaksimalkan keberadaan Posyandu agar dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dalam meningkatkan taraf hidup sehat masyarakat.(ndi)

Comments

Popular posts from this blog

Kodim 0508/Depok Gelar Penyuluhan KB Kesehatan

Debus Banten Ramaikan Aksi Unjuk Demo Nelayan di Istana

Generasi Muda Harus Siap Hadapi MEA