Keren...Wali Kota Depok Raih Penghargaan Dana Rakca

Walikota menerima penghargaan Dana Rekca
Balaikota, Depok Terkini

Berbagai prestasi dan penghargaan terus mengalir di Kota Depok. Kali ini Kota Depok meraih anugerah Dana Rakca dari pemerintah pusat sebagai salah satu daerah terbaik di Indonesia dalam pengelolaan anggaran.

Penghargaan diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Walikota Depok Mohammad Idris di Istana Bogor, Rabu (06/12).

Anugerah Dana Rakca merupakan bentuk penghargaan kepada daerah yang berkinerja baik dalam aspek pengelolaan keuangan daerah, penyelenggaraan layanan dasar publik dan perekonomian daerah. Anugerah tersebut merupakan penghargaan bergengsi karena hanya ada tiga provinsi, tiga kota, dan tiga kabupaten yang mendapatkannya.

Selain Depok, kota dan kabupaten lain yang mendapatkan Dana Rakca yaitu Kota Semarang, Surabaya, Kabupaten Bandung, kabupaten Banyuwangi, dan kabupaten Karang Anyar.

Walikota Depok Mohammad Idris mengatakan berbagai inovasi telah kita lakukan terkait dengan pengelolaan keuangan, seperti mempermudah komunikasi antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Badan Kepegawaian Daerah (BKD), dan memberikan kemudahan kepada mereka dengan menggunakan mekanisme penerbitan surat perintah pencairan dana (SP2D) secara online.

Dalam pengelolaan keuangan daerah, lanjut Idris, akan terus dilakukan peningkatan terutama dari segi sumber daya manusia (SDM)."Memang dalam pengelolaan keuangan pelatihan terhadap SDM sangatlah penting, demi terwujudnya pengelolaan keuangan yang transparan juga sinkronisasi antara anggaran belanja daerah dengan nasional. Jangan sampai tidak seimbang antara program daerah dan nasional,"kata Idris.

Sedangkan untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Depok, tambah Idris, dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan."PAD paling besar dari pajak bumi dan bangunan, namun saat ini cukup berkemban pesat adalah pajak restoran. Semakin banyak orang tertarik melakukan bisnis dan investasi di Depok,"tandasnya.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar