Tangkal Radikalisme, Danramil 03/Sukmajaya Ingatkan Tiga Hal

Danramil kenakan kostum ala Betawi
Sukmajaya, Depok Terkini

Mengantisipasi kerawanan munculnya paham radikalisme, Komandan Koramil 03/Sukmajaya Kapten Inf Pardi memberikan pembinaan kepada Organisasi masyarakat (Ormas) dalam acara Diskusi yang digelar Ormas Laskar Merah Putih (LMP) di Balai Rakyat, Sukmajaya, Depok, Minggu (19/03/2018)

Dalam kesempatan itu, Pardi menekankan agar anggota ormas dan masyarakat tidak mudah terpancing dan terprovokasi munculnya radikalisme dan terorisme. Pasalnya, radikalisme dan terorisme dapat mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa.

"Ada tiga hal yang harus dipahami dan selalu di ingat agar negara kuat. Kalau masyarakat kuat maka negara akan kuat sehingga bangsa lain takut dengan Indonesia," tegas Pardi dengan kostum ala Betawi. 

Lebih lanjut Pardi yang juga sebagai Ketua Komunitas Batu Nusantara menjelaskan, Tiga hal yang harus dipahami dan diingat yaitu pertama tanamkan jiwa NKRI di dada masing-masing. Kedua, Jaga kekompakkan dan kebersamaan diantara kita.

Wawali Pradi Supriatna saat menghadiri HUT LMP Depok
"Saya minta seluruh Ormas, LSM dan element masyarakat bersatu, tanamkan jiwa NKRI harga mati,"tegas Pardi.

Selanjutnya yang ketiga, kata Pardi, jaga persatuan antar elemen bangsa."Meskipun berbagai warna kulit dan warna baju kita harus saling menghormati dan toleransi dalam beragama. Negara kita punya lima agama tapi bisa hidup rukun, aman, damai dan sentosa. Sehingga negara lain merasa iri
dengan Indonesia," tuturnya.

Danramil menambahkan bahwa dahulu keberadaan Ormas dan LSM masih sedikit, namun saat ini keberadaan ormas, dan LSM sudah semakin banyak. "Dengan banyaknya ormas dan lsm jangan dijadikan sebagai halangan, dan hambatan untuk menjadikan Indonesia aman, makmur dan disegani bangsa lain. Tentunya kita harus sadar dan ingat bahwa NKRI sudah terpatri di dada kita. Kita semua bersaudara,"tegasnya lagi.

Karena itu, Pardi mengimbau seluruh ormas bisa memahami dan tanamkan jiwa nasionalisme, cinta tanah air, dan patriotisme." Pegangannya adalah UUD 45, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. Itu harus yang harus di pegang  teguh. Indonesia akan menjadi negara kuat, toyibatun warofun ghofur,"tutup pria penggemar produk lokal itu.

Hadir dalam diskusi dalam rangka HUT LMP Ke-2 tersebut Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna, Ketua Umum LMP, Perwakilan Polsek Sukmajaya, Camat Sukmajaya, Ketua LMP Kota Depok Jarmud AS, Ormas FKPPI, MKD, PP dan ratusan anggota LMP.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar