Ibu-Ibu Dapat Ilmu Pertanian Hidroponik dari Program TMMD

Cipayung, Depok Terkini

Sedikitnya 50 warga Kelurahan Cipayung Jaya antusias mengikuti penyuluhan pertanian dari Dinas Pertanian Kota Depok dalam program kegiatan non fisik TMMD ke-103 di wilayah Kodim Depok.

Bertempat di aula Kelurahan Cipayung Jaya, ibu-ibu PKK mengikuti paparan dan pelatihan singkat bertanam di lahan sempit secara hidroponik. Mereka antusias mendengarkan cara bertani modern dari penyuluh pertanian hidroponik Dinas Pertanian Kota Depok.

"Bertanam dengan hidroponik tidak memerlukan lahan yang luas dan media tanamnya pun tidak lagi menggunakan tanah. Jadi, ibu-ibu yang hobi bertanam masih bisa menjalankan kesenangannya dengan pola hidroponik," kata Ir. Sutarman selaku penyuluh pertanian, Selasa (23/10)

Menurut dia, menanam secara hidroponik bisa juga dilakukan di loteng rumah.
Bahkan produksinya bisa lebih banyak, karena lahan bertaninya yang minimalis bisa dibuat bersusun.

"Sayur yang ditanam secara hidroponik, hasil relatif lebih bersih karena media tanamnya berupa air yang sudah mengandung pupuk," tuturnya.

Sri Wahyudiningsih, salah satu warga Kelurahan Cipayung Jaya, mengaku tertarik dan akan mempraktikannya dirumah.

“Saya akan coba tanam cabai di rumah karena caranya terlihat mudah. Apalagi bisa memanfaatkan botol-botol plastik bekas sebagai wadahnya, dan mengandalkan air yang sudah mengandung pupuk sebagai medianya,” kata Sri Wahyudiningsih.

Ia berharap kepada TNI penyuluhan pertanian hidroponik seperti ini bisa berkelanjutan sehingga masyarakat bisa memperoleh pengetahuan menanam sistem hidroponik secara maksimal. “Kami baru pertama kali memperoleh pengetahuan ini, dan tertarik. Tapi pelatihan ini harus berlanjut agar dalam mempraktikannya  tidak terjadi kegagalan yang berulang-ulang,” harap Sri.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar