Walikota : Peringatan Hari Pahlawan Jangan Sekedar Upacara dan Seremonial Saja

Cilodong, Depok Terkini

Hari Pahlawan yang jatuh setiap 10 November selalu diperingati bangsa Indonesia di seluruh pelosok tanah air. Termasuk Kota Depok, Wali Kota Depok Mohammad Idris menjadi inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke-73 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalimulya, Kecamatan Cilodong, Depok, Sabtu (10/11) pagi.

Upacara bertemakan "Semangat Pahlawan Di Dadaku " berlangsung khidmad, dihadiri Wakil Walikota, Sekretaris Daerah, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, para Kepala Perangkat Daerah, para veteran dan keluarga veteran.

Adapun makna dari tema tersebut mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan, oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga negara lndonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemashlahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara.

Wali Kota Depok Mohammad Idris dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa peringatan Hari Pahlawan sebaiknya bukan sekedar upacara dan kegiatan seremonial saja, tetapi diharapkan bisa meneladani nilai kepahlawanan yaitu jiwa juang, patriotisme dan kesetiaan sosial para pahlawan dalam perjuangan.

"Saat mereka berjuang tidak pernah berfikir dimana mereka akan dimakamkan dan nama mereka disebut oleh negara. Itulah ketulusan mereka (pahlawan) dalam berjuang," kata Idris

Dari itu, Walikota mengingkatkan kepada seluruh elemen masyarakat untuk terus meneladani semangat para pahlawan demi bangsa dan negara. Dikatakannya, momentum ini harus bisa dijadikan sebagai sesuatu yang sarat akan makna dalam mengimplementasikan semangat para pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.

“Masyarakat juga harus berkontribusi untuk kemajuan bangsa dan negara dimulai dari lingkungan sekitar dan dapat berpengaruh terhadap kekuatan dalam memperjuangkan pembangunan bangsa dan negara,” tuturnya.

Idris menambahkan, sikap pahlawan dalam memperjuangkan bangsa dapat dijadikan semangat baru dalam mempertebal rasa cinta tanah air. Semangat inilah yg dijadikan motivasi untuk meningkatkan kecintaan terhadap Nusa dan bangsa.

“Selamat Hari Pahlawan Tahun 2018, kobarkan terus semangat pahlawan di dada, torehkan prestasi yang membawa nama harum bangsa dan negara,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna menambahkan, semangat perjuangan para pahlawan bisa dijadikan inspirasi bagi kita untuk mengisi kemerdekaan dengan hal-hal produktif dan mengasah kemampuan dari berbagai bidang."Mudah-mudahan dengan semangat memperingati Hari Pahlawan tetap terjaga persatuan dan kesatuan demi suksesnya pembangunan di Kota Depok," tutup Pradi.(ndi)

Post a Comment