"Andilan" Wujudkan Tradisi Ekonomi Gotong Royong


Beji, Depok Terkini
Tradisi Andilan atau tabungan arisan antar warga merupakan suatu kebiasaan memotong kerbau yang dilakukan masyarakat Depok menjelang Hari Raya Idhul Fitri.

Tabungan arisan Andilan ini  mengumpulkan dana bersama sama untuk membeli kerbau dan selanjutnya dilakukan pemotongan diikuti dan disaksikan secara bersama sama.

Menurut tokoh masyarakat Depok,
 H. Acep Al Azhari, Andilan merupakan tradisi warga Depok yang harus dipertahankan. Tradisi ini harus diturunkan dan diperkenalkan ke anak dan cucu kita agar tetap terjaga kelestariannya.

"Sangat tinggi nilai kebersamaan yang mengikat silaturrahim antar warga Depok. Andilan juga sebagai wujud ekonomi gotong royong yang sudah di terapkan oleh para sesepuh kita sejak dulu.
Semoga Tradisi Andilan ini tetap berkembang seiring perkembangan zaman," harap Acep, saat ditemui di wilayah Beji, Depok, beberapa waktu lalu

Sementara itu, Ketua Kumpulan Orang Orang Depok (KOOD) Kota Depok,  Ahmad Dahlan mengaku sangat mendukung agar tradisi Andilan terus dihidupkan. "Saya sangat setuju tradisi Andilan harus dihidupkan dan dikenalkan kepada generasi penerus di Depok," tegasnya.

Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna menilai dengan tradisi Andilan dapat meningkatkan nilai silaturrahmi serta menumbumbuh rasa kebersamaan satu dengan yang lainnya."Dengan kebersamaan ini semua warga sejajar, tidak ada yang merasa hebat atau merasa diatas, " ucap Pradi.(ndi)

Comments

Popular posts from this blog

Kodim 0508/Depok Gelar Penyuluhan KB Kesehatan

Debus Banten Ramaikan Aksi Unjuk Demo Nelayan di Istana

Generasi Muda Harus Siap Hadapi MEA