Breaking News

recent

Walikota Tinjau Fasilitas Pengujian Kendaraan Bermotor


Cilodong, Depok Terkini
Wali Kota Depok, Mohammad Idris meninjau tempat pengujian kendaraan bermotor di lingkungan Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Jalan Raya Jatimulya, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Cilodong, Depok, Jawa Barat, Jum'at (14/06/2019).

Dalam peninjauan tersebut, Walikota didampingi Kepala Dinas Perhubungan, Dadang Wihana melihat langsung rangkaian kegiatan pengujian kendaraan bermotor (PKB), mulai dari uji emisi, pengecekan komponen komponen kendaraan,  pengecekan roda dan rem kendaraan.

Usai melakukan peninjauan, Walikota kepada wartawan mengatakan bahwa seluruh peralatan uji kendaraan bermotor milik Dinas Perhubungan masih layak pakai meskipun usia peralatan sudah  tua."Dalam uji agreditasi kemaren, peralatan uji kendaraan ini masih baik dan layak operasi, namun  perlu kita tingkatkan dari sisi usia peralatan yang mulai senja," kata Idris usai apel pagi dan halal bihalal dengan seluruh personil jajaran Dishub Kota Depok.

Menurut Idris, seluruh peralatan pengujian kendaraan bermotor tersebut akan diganti baru dan sudah dianggarkan di tahun 2019 ini.


"Saya belum tau apakah alatnya bisa dibeli secara parsial atau dibeli secara keseluruhan. Tahun ini sudah bisa dibelanjakan melalui pengadaan," tegas Idris.

Selain peralatan PKB yang sudah tua, Idris juga mengatakan bahwa jumlah sumber daya manusia (SDM) yang ada di pelayanan pengujian kendaraan bermotor masih kurang.

"Dari rasio pelayanan perhari, masih kekurangan tujuh orang tenaga ahli penguji. Memang secara umum jumlah PNS di lingkungan Pemkot Depok masih kurang," ucap Idris.

Sementara itu, Kadishub Dadang Wihana menambahkan, setelah mendapat akreditasi B dari kementerian RI dua bulan lalu. seluruh peralatan pengujian kita masih dianggap layak, namun masih perlu ada perbaikan.

"Walikota sudah berkomitmen sejak 2018 untuk mengganti seluruh peralatan. Alhamdulillah tahun ini kita ganti dan sudah ada dalam DPA. Nilainya sebesar Rp 4,2 miliar, " ungkapnya.

Dikatakannya, setiap harinya petugas penguji melayani sebanyak 150-200 kendaraan, dengan jumlah personel sebanyak 9 orang. Kita masih butuh 7 orang lagi untuk penguji. Sudah kita ajukan ke Walikota," tutupnya.(ndi)

No comments