Breaking News

recent

Siswa SMAN 4 Depok Rutin Shalat Dhuha Bersama


Cimanggis, Depok Terkini
Para siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4, Depok, diwajibkan mengikuti program pendidikan karakter yaitu shalat Dhuha bersama yang dilaksanakan setiap hari Jum'at. Sedangkan bagi siswa non muslim beribadah sesuai ajaran agamanya.

Menurut Kepala Sekolah SMAN 4, Depok, Umar M.Pd. Kegiatan shalat Dhuha bersama merupakan program pendidikan berkarakter yang dilaksanakan rutin setiap hari Jum'at dan kegiatan ini sudah berjalan selama satu tahun." Kegiatan ini rutin kita lakukan diawali dengan pengajian dan dilanjutkan dengan shalat Dhuha bersama, dipimpin oleh guru agama secara bergiliran," kata Umar usai mengikuti salat Dhuha bersama para siswa di lapangan SMAN 4 Depok, Jum'at (20/09/2019).

Dia menjelaskan, program ini bertujuan agar para siswa dapat melaksanakan dan menerapkan nilai-nilai keagamaan, dan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Para siswa kita didik untuk bisa menyadari tentang kewajibannya sebagai manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Shalat bersama ini juga sebagai kesempatan para siswa untuk mendoakan kedua orangtuanya yang telah mendidik mereka, baik yang masih ada maupun sudah tiada," terang Umar.

Umar menegaskan, shalat Dhuha bersama ini wajib diikuti seluruh siswa kelas 10, 11, dan 12 beserta para guru dan karyawan."Seluruh siswa, guru dan karyawan wajib mengikuti shalat dhuha bersama ini. kegiatan dimulai pukul 07.00-07.45 WIB. Para siswa sangat antusias dan sangat luar biasa," ungkapnya.

Umar berharap antusias para siswa melaksanakan shalat dhuha tidak hanya dilakukan pada hari Jum'at saja, tetapi bisa dilaksanakan juga pada hari lainnya."Diharapkan mereka terbiasa untuk melakukan salat dhuha setiap hari," tuturnya.

Sedangakan untuk siswa non muslim, lanjut Umar, juga diberikan kegiatan rohani yang dibimbing oleh guru agamanya."Jadi, pada jam tersebut semua siswa melaksanakan kegiatan keagamaan, baik muslim maupun non muslim," tutup Umar.(ndi)

No comments