PNJ Berikan Pelatihan Penggunaan Tool Teknisi UPS Kota Depok

Mahasiswa PNJ prodi Alat Berat saat memberikan pelatihan penggunaan tool dengan benar kepada para koordinator UPS di Kota Depok dalam  program pengabdian kepada Masyarakat PNJ kepada warga Cinangka, di UPS Cipayung Jaya, Depok, beberapa waktu lalu

Cipayung, Depok Terkini
Sebanyak 14 teknisi dan Koordinator Unit Pengolahan Sampah (UPS) di Kota Depok mendapatkan pelatihan penggunaan tool dengan benar dari dosen dan mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) progam studi Alat Berat, di UPS Cipayug, Depok, pada 31 Agustus 2019 lalu.

Pelatihan tersebut merupakan program pengabdian masyarakat PNJ bertujuan meningkatkan kemampuan para teknisi dalam penggunaan tool dengan benar.

Kepala P3M Politeknik Negeri Jakarta Dr.Ida Nurhayati SH MH, menjelaskan bahwa pengabdian masyarakat ini bertujuan mendekatkan perguruan tinggi kepada masyarakat sesuai dengan Tri Dharma perguruan tinggi. Pelatihan ini merupakan kelanjutan dari pelatihan yang dilakukan sebelumnya pada 2018 lalu.

Foto bersama dosen, PLP, dan peserta Pengabdian kepada Masyarakat Prodi Alat Berat kepada warga Cinangka di UPS Cipayung Jaya, Depok, beberapa waktu lalu 
Peserta pelatihan kali ini sebanyak `14 koordinator dari sejumlah UPS di Kota Depok. Seperti UPS Ratu Jaya I, UPS Regensi, Pondok Jaya, Cipayung Jaya, UPS Jalan Jawa Beji, UPS Anggrek Sawangan, Cinangka, dan UPS Limo." Peserta diberikan seragam dan alat pelindung diri (APD) berupa pelindung tangan sehingga peserta dapat melaksanakan praktik dengan aman," tuturnya.

Adapun materi yang diberikan dalam pelatihan tersebut, lanjut Ida, dikhususkan pada tecnical core skill, yaitu belajar teknik dasar penggunaan tool atau peralatan hand tool. Tujuannya, memberikan wawasan dasar pada penggunaan tool dengan benar. kelemahan peserta belum dapat menggunakan tool dengan benar, baik dari segi cara maupun ketepatan penggunaan alat.

" Dengan memberikan teori dan praktik penggunaan tool yang benar, peserta mendapatkan wawasan keterampilan yang benar dalam hal penggunaan tool," imbuhnya.

Penyerahan perangkat praktik Pengabdian Masyarakat PNJ Prodi Alat Berat kepada koordinator UPS Cipayung Jaya sebagai tempat pelatihan Penggunaan Tool untuk  Preventive Mantenance  pada Masyarakat Cinangka, Kecamatan Sawangan, Depok

Ida menambahkan, setelah mengikuti pelatihan, para peserta mendapatkan sertifikat sebagai bukti keikutsertaan sekaligus kemampuan dalam penggunaan tool untuk preventive mantenance yang dapat dipraktikkan di UPS masing-masing.

Selain itu, semua peralatan yang digunakan dalam pelatihan dihibahkan kepada UPS setempat untuk membantu pengadaan peralatan/tool di UPS yang bersangkutan."Hibah peralatan ini sebagai bentuk terima kasih karena UPS setempat telah membantu pelaksanaan program pengabdian masyarakat PNJ," tutupnya.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar