Breaking News

recent

PNJ Berikan Pelatihan Petani Ikan Patin di Desa Cipayung

P3M PNJ saat memberikan pelatihan modernisasi peralatan pengelolaan dan pengolahan Ikan patin untuk meningkatkan kesejahteraan serta kemandirian petani ikan patin di desa CIpayung kecamatan cikarang Timur, Bekasi
Bekasi, Depok Terkini
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) melaksanakan program hibah Diseminasi tahun 2019 berupa pembangunan pedesaan di Desa Cipayung, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, 30 September 2019 lalu.

Kegiatan bertemakan "Pengembangan program Diseminasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat" merupakan program Risbang Kementerian Riset dan Teknologi guna membantu masyarakat meningkatkan budidaya ikan patin sebagai potensi Desa Cipayung. Sasaran kegiatan adalah masyarakat setempat, seperti Karang Taruna, kader PKK, UMKM dan pengurus RT/RW.

Kepala P3M Politeknik Negeri Jakarta Dr.Ida Nurhayati SH MH, menjelaskan bahwa pengabdian masyarakat ini bertujuan mendekatkan perguruan tinggi kepada masyarakat sesuai dengan Tri Dharma perguruan tingii.
Menurutnya, dari hasil pemetaan di Desa Cipayung, para petani banyak memanfaatkan lahan bekas galian batu bata yang dibiarkan terbengkalai. Lahan bekas galian tersebut selanjutnya ditanami ikan patin dan dibudidayakan hingga saat ini."Ikan patin tahan jika kekurangan oksigen dan senang pada kedalaman 3 meter. Jenis ikan patin yang dibudidaya yaitu varietas siam dan patin jambal," ujar Ida

Karena itu, lanjut Ida,  P3M PNJ memberikan pelatihan dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Adapun bentuk pelatihan berupa penguatan kelompok petani ikan patin, pengelolaan dan pengolahan ikan menjadi produk olahan berbasis unggulan daerah, pengelolaan sampah organik menjadi pakan ikan, pengelolaan limbah ikan, pendirian koperasi, pelatihan Web dan internet, pembukuan sederhana, serta kampanye lingkungan."Pelatihan melibatkan akademisi, praktisi serta Dinas Koperasi dan dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bekasi," tuturnya.

Kepala P3M PNJ, Dr. Ida Nurhati SH MH  bersama Ketua pengabdian masyarakat Risbang Dikti, Ketua Dr. Nining Latianingsih SH MH, dan anggota : Dr. IIs Mariam MSi, Dewi Winarni Susyanti SE MSi.


Ditempat yang sama, Ketua Pelaksana pengabdian, Dr. Nining Latianingsih SH.MH  menambahkan, Di desa Cipayung ini terdapat sekitar 200 petani ikan patin dan masing-masing petani memiliki kolam berkisar 500-3.000 meter persegi,"Masing-masing petani rata-rata memiliki 3 kolam ikan," ungkapnya.

Dari hasil pelatihan tersebut, kata Nining, telah terbentuk koperasi, Web Desa untuk pemasaran produk, pakan ikan dari sampah organik, produk olahan ikan, pengemasan dan hak merk dagang."Dari hasil tersebut akan kita evaluasi dan monitoring kembali pada pertemuan selanjutnya," ucap Nining didampingi anggota Pengabdian, Dr. Iis Mariam Msi dan Dewi Susi Winarni SE MSi.

Robbi Prayudha selaku Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Risbang Dikti berharap kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan PNJ dapat dimanfaatkan masyarakat, khususnya petani di Desa Cipayung, Kecamatan Cikaran Timur, Kabupaten Bekasi."Semoga pengabdian masyarakat ini bermanfaat buat para petani ikan patin," harap Robbi.(ndi)


No comments