Breaking News

recent

Walikota : Pertahankan Pancasila Sebagai Ideologi Negara


Balaikota, Depok Terkini
Pemerintah Kota Depok menggelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila secara sederhana di Halaman Balaikota Depok, Selasa (01/10/2019)

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Walikota Depok Mohammad Idris, dihadiri Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna, Kapolresta Depok, Ketua DPRD Kota Depok, Danramil Cimanggis, Mayor Inf Imam Purwanto mewakili Dandim 0508/Depok, dan Ketua Pengadilan Negeri Depok

Usai upacara, Walikota Depok Mohammad Idris mengatakan, Pancasila berdasarkan sejarah dibentuk sebagai media pemersatu bangsa. Ketika terjadi rongrongan baik dari dalam dan luar negeri, Pancasila tetap eksis.

"Pada intinya kita sebagai warga negara Indonesia harus lebih sadar dan bertekad untuk bisa mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara. Kalau tidak ada kesadaran untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila, maka kesaktian Pancasila akan hilang,” tutur" kata Idris.

Dikatakan Idris, terdapat banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dalam mempertahankan Pancasila sebagai ideologi bangsa. Salah satunya, melalui pendidikan bela negara.

“Terutama bagi generasi milenial tingkat kesadarannya masih kurang, sehingga perlu ditanamkan nilai kehidupan berbangsa dan bernegara melalui berbagai kegiatan. Seperti, pendidikan bela negara atau upacara-upacara hari besar kenegaraan,” ujarnya.

Senada dengan hal tersebut, Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna berpesan, agar masyarakat terus mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat. Sebab, menurutnya, Pancasila sebagai pemersatu bangsa.

“Makna dari Hari Kesaktian Pancasila adalah bagaimana kita bisa mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan meningkatkan kepedulian, toleransi, serta menerima dan menghargai perbedaan yang ada di lingkungan kita,” tandasnya.(ndi)

No comments